PERAN HUMAS DALAM BRANDING MADRASAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MAN 3 KEDIRI

SILVIYA TSAMROTUL KHABIBAH, 126207211039 (2025) PERAN HUMAS DALAM BRANDING MADRASAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MAN 3 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (937kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan yang menunjukkan bahwa peran Humas dalam membangun citra madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki kontribusi yang sangat signifikan. Kinerja Humas yang optimal dalam mengelola komunikasi dan informasi publik dinilai mampu memperkuat branding madrasah sehingga menarik perhatian masyarakat luas. Fenomena ini menjadi penting untuk dikaji lebih dalam mengingat kebutuhan lembaga pendidikan Islam masa kini untuk membangun citra yang kuat, kompetitif, sekaligus tetap mempertahankan nilai-nilai keislamannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas dalam membangun citra MAN 3 Kediri sebagai lembaga pendidikan Islam; (2) Mendeskripsikan persepsi masyarakat dan orang tua siswa terhadap branding madrasah yang dikomunikasikan oleh Humas; dan (3) Mendeskripsikan bagaimana aspek keislaman diintegrasikan dalam strategi branding yang dilakukan oleh Humas MAN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif secara deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Milles dan Huberman yang berisi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk melakukan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji reabilitas, dan uji obyektivitas Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Humas MAN 3 Kediri menerapkan strategi komunikasi berbasis digital melalui media sosial untuk menyampaikan berbagai informasi madrasah secara konsisten. Humas mengoptimalkan peran seluruh staf kehumasan dalam penyebarluasan informasi, memperluas jejaring dengan pihak eksternal untuk promosi, serta melibatkan alumni sebagai agen informasi yang memperkuat citra madrasah di tengah masyarakat; (2) Persepsi masyarakat dan orang tua siswa terhadap upaya branding madrasah yang dilakukan oleh Humas sangat positif, ditunjukkan dengan tingginya tingkat kepercayaan dan minat masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka di MAN 3 Kediri. Informasi yang disampaikan melalui media sosial terbukti mampu mempengaruhi keputusan masyarakat dalam memilih sekolah yang kredibel dan berkualitas; (3) Nilai-nilai keislaman diinternalisasikan dalam karakter peserta didik, budaya organisasi madrasah, serta program-program keagamaan yang dilaksanakan secara rutin dan sistematis. Kolaborasi dengan lembaga keagamaan semakin memperkuat identitas MAN 3 Kediri sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya unggul dalam prestasi akademik, tetapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai spiritualitas islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207211039 SILVIYA TSAMROTUL KHABIBAH
Date Deposited: 16 Jul 2025 01:34
Last Modified: 16 Jul 2025 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59491

Actions (login required)

View Item View Item