PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2024/2025

ZONA WIJAYANTI, 126210211048 (2025) PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2024/2025. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (870kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis Pada Pembelajaran Menulis Teks Berita Kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2024/2025” ditulis oleh Zona Wijayanti, NIM 126210211048, Dosen Pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. NIP.198211272023212017. Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis, Bahasa Indoensia. Perubahan kurikulum yang terjadi dari waktu ke waktu mencerminkan upaya untuk menemukan format pendidikan yang paling relevan, meskipun terkadang menimbulkan tantangan dalam implementasinya. Oleh sebab itu, hal yang dipersiapkan dalam implementasi kurikulum tersebut meliputi kesiapan guru, penyusunan perangkat ajar, dan sarana prasarana yang memadai. Namun beberapa sekolah ada yang belum siap, namun berbeda dengan persiapan implementasi kurikulum merdeka di SMPN 1 Sumbergempol. Adapun mata pelajaran yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bahasa Indonesia menulis teks berita kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang saya gunakan yakni, primer berupa dari data hasil wawancara guru dan peserta didik kelas VII SMPN 1 Sumbergempol sedangkan sumber data sekunder berupa catatan, rekaman, gambar, foto, dan hasil observasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis pada pembelajaran bahasa Indonesia menulis teks berita kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu 1) perencanaan dimensi bernalar kritis dalam pembelajaran bahasa indonesia kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol dilakukan secara mandiri dengan menganalisis capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan alur tujuan pembelajaran, dan melakukan peyusunan modul ajar, 2) pelaksanaan dimensi bernalar kritis dalam pembelajaran menulis teks berita terdiri dari tiga kegiatan yang pertama kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan di tutup dengan kegiatan penutup, dan 3) evaluasi yaitu asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis dalam pembelajaran bahasa Indonesia menulis berita kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol dalam kategori yang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa guru kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol telah menerapkan dimensi bernalar kritis dalam pembelajaran menulis teks berita yang tercermin dari sikap peserta didik. Hal tersebut didukung dengan terpenuhinya seluruh aspek bernalar kritis pada guru dan peserta didik yaitu menganalisis berita,merefleksikan dan mengambil keputusan dalam berita.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210211048 ZONA WIJAYANTI
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:35
Last Modified: 28 Jul 2025 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59493

Actions (login required)

View Item View Item