ABDELLA IGHFIRNAWIDHI, 12210173067 (2021) IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII-I SMPN 1 SRENGAT. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII-I SMPN 1 Srengat” ditulis oleh Abdella Ighfirnawidhi, NIM. 12210173067, dengan bimbingan Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata kunci: Implementasi, Media, E-Learning. Bagi warga negara Indonesia, pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan sebuah keharusan dalam dunia pendidikan. Mulai dari bangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi, peserta didik mendapat mata pelajaran Bahasa Indonesia. Bukan hanya sebagai formalitas saja, tetapi sebagai wujud cinta terhadap warisan nusantara yang sudah turun- temurun dari dahulu. Mempelajari Bahasa Indonesia juga suatu kebanggaan bagi warga negara Indonesia. Karena dengan mempelajari Bahasa Indonesia, berarti menjunjung tinggi bahasa pemersatu bangsa yang pada dasarnya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Merebaknya virus pada pandemi Covid-19 di Indonesia mengakibatkan terhambatnya proses pembelajaran. Untuk mencegah penyebaran virus, warga sekolah mengurangi mobilitas sehingga tidak bisa pergi ke sekolah untuk melaksanakan pembelajaran seperti biasanya. Banyak solusi yang ditawarkan dalam mengatasi masalah pembelajaran yang sedang dihadapi. Salah satunya pembelajaran jarak jauh menggunakan e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII-I SMPN I Srengat selama pandemi menggunakan media e-learning. Penelitian ini akan mendeskripsikan pembelajaran mulai dari persiapan, berlangsungnya pembelajaran hingga evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian ini, dapat diketahui pembelajaran jarak jauh (PJJ) menggunakan media e-learning berbasis web dapat dilaksanakan saat peserta didik maupun pendidik memiliki akun dari sekolah, gawai maupun laptop dan jaringan internet. Banyak menu yang ditawarkan dalam media ini, antara lain assignment, BigBlueButton, chatroom, feedback, fail, page, quiz, forum, URL, wiki. Menu-menu tersebut mempermudah pendidik dalam menyampaikan materi dan peserta didik menerima materi tanpa banyak aplikasi. Penggunaan media e-learning pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII-I SMPN 1 Srengat telah berjalan dengan baik. Karena media ini berpusat pada peserta didik, maka peserta didik dituntut untuk aktif dan kreatif dalam mengikuti materi. Pembelajaran menggunakan media e-learning diakui lebih menarik dan lebih mudah digunakan saat pembelajaran jarak jauh daripada menggunakan media lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > E-Learning Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173067 ABDELLA IGHFIRNAWIDHI |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 04:12 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 04:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |