RAHMA ALIF ASH SHIDDIEQY, 126205212121 (2025) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS II DI MIN 8 NGANJUK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Seni Budaya dan Pralarya Kelas II di MIN 8 Nganjuk.” Ditulis oleh Rahma Alif Ash Shiddieqy, NIM 126205212121, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Dr. Septinaningrum M. Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Menumbuhkan Kreativitas, SBdP Kreativitas merupakan naluri yang diberikan oleh sang pencipta kepada akal manusia, hal tersebut tidak akan terpisahkan. Akan tetapi jika kreativitas tidak dilatih dan diasah sejak manusia masih usia anak-anak, maka kreativitas manusia akan melemah, maka dibutuhkanlah peran guru untuk menumbuhkan dan melatih kreativitas pada anak melalui pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP). Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Peran Guru sebagai Pendidik dalam Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran SBdP Kelas II di MIN 8 Nganjuk. (2) Mendeskripsikan Peran Guru sebagai Motivator dalam Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran SBdP Kelas II di MIN 8 Nganjuk. (3) Mendeskripsikan Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran SBdP Kelas II di MIN 8 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis yang menggunakan studi kasus temuan dilapangan untuk menjelaskan suatu objek atau peristiwa dengan terperinci serta diteliti lebih mendalam lagi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisi data yang dilakukan oleh peneliti mereduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Guru berperan sebagai pendidik adalah dengan menyediakan ruang kelas yang mendukung, memberikan kebebasan atau tidak membatasi kreativitas peserta didik, serta menggunakan metode pembelajaran yang variatif. (2) Guru berperan sebagai motivator dengan memberikan motivasi untuk membangun semangat peserta didik, menciptakan suasana menyenangkan dan menanamkan jangan takut salah atau gagal dalam mencoba sesuatu, memberikan pujian serta memberikan inspirasi dari tokoh-tokoh terkenal. (3) Guru berperan sebagai fasilitator yaitu dengan menyediakan media pembelajaran yang mendukung dalam proses pembelajaran serta menggunakan media digital, serta mewadahi hasil karya siswa yang diberi nama galeri karya siswa MIN 8 Nganjuk dan menyediakan ekstrakulikuler guna menyalurkan bakat dan minatnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212121 RAHMA ALIF ASH SHIDDIEQY |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:42 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |