NURFATIHATUS ZAHROH, 12204193188 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBANTUAN SIGIL SOFTWARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PAGU. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbantuan Sigil Software Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Pagu” ditulis oleh Nurfatihatus Zahroh, NIM 12204193188, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd. M.Si. Kata Kunci : E-Modul, Sigil Software, Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sumber belajar siswa sehingga kurangnya minat belajar siswa sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengembangkan bahan ajar E-Modul berbantuan Sigil Software, diharapkan dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa, dan memudahkan guru dalam mencari referensi untuk sumber belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika bab bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bagaimana mengembangkan e-modul berbantuan Sigil Software untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pagu. 2) Mengetahui kelayakan, kefektifan, dan kefesien e-modul berbantuan Sigil Software untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pagu Hasil dari penelitian dan pengembangan didapatkan (1) terdapat 5 tahapan dalam pengembangan ADDIE dalam pengembangan bahan ajar e-modul dengan pendekatan kontekstual berbantuan sigil software materi bangun ruang sisi datar yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), Implemantation (implementasi) dan evaluation (evaluasi), (2) Hasil uji validasi oleh ahli meida dan ahli materi menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan memperoleh ratarata presentase 100% dengan kriteria valid, (3) Hasil uji efektivitas dari respon siswa memiliki tingkat efektivitas 88% dengan kriteria sangat efektif dan hasil soal tes menunjukkan bahwa nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dengan rata-rata 79,92 dari nilai pretest dengan rata-rata 69,56. hasil uji hipotesis diketahui Sig. (2-tailed)= 0.00. Karena nilai dari Sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikasi = 0,05 yaitu 0,000<0,05 maka H1 diterima dan diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil test kelas VIII-F antara sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar modul elektronik berbasis Sigil Software selama proses belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193188 NURFATIHATUS ZAHROH |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:43 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |