PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA KELAS 2 MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI TULUNGAGUNG

SEPTIANI IKA WULANDARI, 126205211067 (2025) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA KELAS 2 MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (945kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Pembelajaran Berfikir Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Kelas 2 MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung” di tulis oleh Septiani Ika Wulandari, Nim 12620521106, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Rohmah Ivantri M. Pd. I Kata Kunci: Model Discovery Learning, berfikir kreatif, seni rupa Pendidikan dilakukan agar dapat meningkatkan dan memaksimalkan kemampuan membentuk watak dan karakter peserta didik. Oleh karena itu lembaga pendidikan harus memperkenalkan dan menanamkan pembelajaran untuk mengasah kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk dapat menyalurkan ide-ide kreatifnya. MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung menerapkan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran seni rupa yang bertujuan untuk mengasah kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana desain model pembelajaran Discovery Learning untuk pembelajaran berfikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran seni rupa kelas 2 MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung?. (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk pembelajaran berfikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran seni rupa kelas 2 MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung?. (3) Bagaimana hasil penilaian (assessment) model pembelajaran Discovery Learning untuk pembelajaran berfikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran seni rupa kelas 2 MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data dan pengecekkan keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah (1) Desain model pembelajaran Discovery Learning untuk pembelajaran berfikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran seni rupa kelas 2 yaitu dengan menentukan atau memilih topik dan tujuan dari pembelajaran, dilanjutkan perencanaan aktivitas pembelajaran, menyusun modul ajar. (2) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk pembelajaran berfikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran seni rupa kelas 2 yaitu meliputi memberikan sebuah rangsangan, dengan memperlihatkan sebuah foto atau hasil karya seni rupa dilanjut guru memberikan sebuah masalah dan peserta didik mulai mencatat hasil dai eksperiment dan pengamatan mereka. (3) Hasil penilaian (assessment) model pembelajaran Discovery Learning untuk pembelajaran berfikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran seni rupa kelas 2 yaitu penggunaan model pebelajaran discovery learning dianggap efektif jika diterapkan pada mata pelajaran seni rupa, karena peserta didik lebih kreatif dalam berkreasi pada suatu hasil karya seni rupa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211067 SEPTIANI IKA WULANDARI
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:44
Last Modified: 16 Jul 2025 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59612

Actions (login required)

View Item View Item