VAZA HERIN RISMANA, 126205212184 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA MATERI CERITA DONGENG KELAS V DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kartun Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Pada Materi Cerita Dongeng Kelas V di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Vaza Herin Rismana, NIM. 126205212184, dengan pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata kunci: Media Wayang Kartun, Keterampilan Menyimak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan berupa rendahnya minat keterampilan menyimak cerita dalam proses pembelajaran dan juga penerapan media pembelajaran yang masih jarang digunakan guru dalam proses belajar mengajar. sehingga pembelajaran dengan metode ceramah membuat siswa cenderung jenuh dan bosan. Untuk itu perlu penggunaan media yang bervariasi. Peneliti menggunakan media pembelajaran wayang kartun atau media yang terbuat dari kertas yang dilapisi kardus yang berbentuk gambar binantang kartun ataupun berbentuk manusia kemudian diberi tusuk kecil untuk memegangnya. Melalui bantuan media pembelajaran ini diharapkan hasil keterampilan menyimak siswa menjadi meningkat. Dalam permasalahan tersebut maka fokus dari penelitian ini yaitu bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media wayang kartun terhadap keterampilan menyimak siswa pada cerita dongeng kelas V di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media wayang kartun terhadap keterampilan menyimak siswa pada cerita dongeng kelas V di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 30 siswa di kelas VA dan VB SDI Al-Hidayah Samir Ngunut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian. Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh penggunaan media wayang kartun terhadap keterampilan menyimak siswa pada materi cerita dongeng kelas V di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. (2) Hasil analisis Cohen’s d diperoleh nilai sebesar 1.3. Nilai ini dikategorikan sebagai pengaruh besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media wayang kartun memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menyimak siswa pada materi cerita dongeng kelas V di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212184 VAZA HERIN RISMANA |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 06:12 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 06:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |