MAYADA MARIYATUL QIBTIYAH, 126205212109 (2025) PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SDI PLUS NURUL ULUM NGANJUK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (765kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan di SDI Plus Nurul Ulum Nganjuk” ini ditulis oleh Mayada Mariyatul Qibtiyah, NIM 126205212109. Dibimbing oleh Dr. Zainudin S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Penanaman Nilai Karakter, Peserta Didik, Ekstrakurikuler Kepramukaan. Perkembangan teknologi berdampak positif dan negatif bagi peserta didik. Teknologi mempermudah akses informasi dan komunikasi, tetapi juga menimbulkan masalah kesehatan, menurunkan interaksi sosial, dan melemahkan nilai karakter. Menurunnya moral generasi muda terlihat dari maraknya narkoba, tawuran, dan seks bebas. Pendidikan karakter menjadi benteng utama untuk menghadapi dampak negatif teknologi dan menjaga moralitas generasi muda. Fokus penelitian ini ialah: 1) Bagaimana bentuk penanaman nilai pendidikan karakter religius pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SDI Plus Nurul Ulum Nganjuk? 2) Bagaimana bentuk penanaman nilai pendidikan karakter nasionalis pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SDI Plus Nurul Ulum Nganjuk? 3) Bagaimana bentuk penanaman nilai pendidikan karakter integritas pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SDI Plus Nurul Ulum Nganjuk? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penanaman nilai pendidikan karakter religius, nasionalis, dan integritas pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SDI Plus Nurul Ulum Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan berdasarkan temuan yang telah dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penanaman nilai pendidikan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan melalui kegiatan doa bersama sebelum dan sesudah kegiatan, ibadah berjamaah, bakti sosial, muhasabah. 2) Penanaman nilai pendidikan karakter nasionalis melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan melalui kegiatan perkemahan, upacara bendera, perlombaan atau permainan tim, serta kegiatan sosial menjadi sarana untuk memperkenalkan nilai-nilai kebangsaan, semangat persatuan, dan kerja sama. 3) Penanaman nilai pendidikan karakter integritas melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan melalui kegiatan upacara pembukaan dan penutupan, latihan baris berbaris, latihan kepemimpinan, serta janji dan pengucapan kode penghormatan pramuka. Hasil penelitian ini mendukung teori dari Lickona. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SDI Plus Nurul Ulum Nganjuk mampu mengembangkan ketiga komponen tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212109 MAYADA MARIYATUL QIBTIYAH |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:05 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |