STRATEGI MARKETING MIX 4P (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION) PADA PUJASERA “DEN BAGUS” PANTAI KARANGGONGSO KABUPATEN TRENGGALEK

DEVI ANITA WARDANI, 126407211005 (2025) STRATEGI MARKETING MIX 4P (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION) PADA PUJASERA “DEN BAGUS” PANTAI KARANGGONGSO KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Marketing Mix 4P (Product, Price, Place, Promotion) pada Pujasera “Den Bagus” Pantai Karanggongso Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Devi Anita Wardani, NIM. 126407211005, Program Studi Pariwisata Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dengan pembimbing Retno Dewi Zulaikah, S.H.I, M.E. Kata kunci : Strategi Marketing Mix 4P, Pujasera. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan bisnis pariwisata membuat pemilik usaha harus mampu untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat, khususnya pada kawasan wisata pantai. Dalam menjadi unggul ditengah pesatnya perkembangan teknologi, pemilik pujasera “Den Bagus” dituntut untuk menciptakan sesuatu yang berkreasi dan berinovasi dibandingkan pesaing. Sehingga, salah satu strategi yang dilakukan pada pujasera “Den Bagus” adalah strategi marketing mix 4P yang digunakan untuk mempromosikan produk agar mampu meningkatkan daya tarik wisatawan untuk menjangkau target pasar yang diinginkan, agar mampu meningkatkan keunggulan, serta dapat berkembang lebih jauh dan tetap kompetitif menghadapi persaingan yang ada. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) Penerapan strategi marketing mix 4P yang dilakukan oleh pujasera “Den Bagus”; (2) Faktor penghambat dan pendukung penerapan strategi marketing mix 4P pada pujasera “Den Bagus” dalam meningkatkan minat wisatawan; (3) perkembangan penjualan yang dilakukan oleh pujasera “Den Bagus” dalam menerapkan strategi marketing mix 4P. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan triangulasi sumber dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran yang dilakukan pujasera “Den Bagus” dengan menerapkan marketing mix 4P Produk (Poduct), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion). (2) Faktor penghambat internal meliputi persaingan harga, stok barang, keahlihan bidang pengelola, biaya iklan berbayar dan penghambat ekstrenal meliputi respon, komplain, konten kurang menarik, kurang pengetahuan SDM, rendahnya pemahaman tren pasar, pencurian, sedangkan faktor pendukung meliputi izin usaha dagang, biaya operasional, kepercayaan wisatawan dan iklan bergambar. (3) Dengan menerapan strategi marketing mix 4P pujasera “Den Bagus” terbukti mengalami perkembangan penjualan yang cukup signifikan berdasarkan data hasil penjualan selama beberapa tahun terakhir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Produksi
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: 126407211005 DEVI ANITA WARDANI
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:09
Last Modified: 18 Jul 2025 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59717

Actions (login required)

View Item View Item