IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI TKIT DARUSSALAM KAMPUNGDALEM TULUNGAGUNG

NAIMATUL ANDARIATIN NAFISAH, 17206163010 (2022) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI TKIT DARUSSALAM KAMPUNGDALEM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (938kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Membaca Al-Qur’an Di TKIT Daarussalam Kampungdalem Tulungagung” ini ditulis oleh Naimatul Andariatin Nafisah, NIM 17206163010, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruaan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pembimbing: Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Metode Ummi, Meningkatkan kualitas Belajar Membaca Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi pada masa sekarang ini yang dirasakan kecintaan membaca Al- Qur’an dikalangan umat islam sedikit menurun, khususnya banyak anak-anak dan remaja muslim yang belum membaca Al-Qur’an. TKIT Daarussalam merupakan sekolah di tengah kota yang menggunakan metode ummi sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas baca Al- Qur’an untuk para siswa. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana progam dasar dan pendekatan metode ummi dalam meningkatkan kualitas belajar membaca Al-Qur’an di TKIT Daarussalam Tulungagung? (2) Bagaimana tahap-tahap pembelajaran metode ummi dalam meningkatkan kualitas belajar di TKIT Daarussalam Kampungdalem Tulungagung? (3) Apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukung dari implementasi metode ummi dalam meningkatkkan kualitas belajar membaca Al-Qur’an di TKIT Daarussalam KampungdalemTulungagung? Pengumpulan data ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di TKIT Daarussalam Kampungdalem Tulungagung dalam pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan temuan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan keajengan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1). Progam dasar metode ummi dalam meningkatkan kualitas belajar membaca Al-Qur’an di TKIT Daarussalam Tulungagung berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Progam dasar metode Ummi yang diterapkan di TKIT Darussalam sesuai dengan modul yaitu: (a). Tashih baca Al-Qur’an (b). Tahsin (c). Sertifikasi Guru Al-Qur’an (d) Coacing/magang (e). Supervisi (pemastian dan penjagaan mutu system ummi diterapkan di lembaga) (f). Munaqasyah (Kontrol eksternal kualitas/evaluasi hasil oleh ummi foundation) (g). Khotaman dan Imtihan. Sedangkan pendekatan yang diterapkan di TKIT Darussalam Kampungdalem Tulungagung terdapat tiga yaitu: (a). Metode Langsung (b). Diulangulang (c). Kasih Sayang yang Tulus. (2). Tahap-tahap pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi dijabarkan sebagai berikut: (a). Pembukaan (b). Apresiasi (c). Penanaman konsep (d). Pemahaman konsep (e). Ketrampilan/Latihan (f). Evaluasi. (3). Faktor penghambat dan pendukung dari pembelajaran metode Ummi yaitu: Guru, karena guru merupakan faktor penting yang besar pengaruhnya, bahkan sangat menentukan berhasil/tidaknya peserta didik dalam belajar, faktor penghambatnya: kemampuan siswa membaca Al-Qur’an itu berbedabeda karena terdapat lembaga Al-Qur’an lainnya, dan juga kurangnya tenaga pengajaran rasio guru dengan siswa tidak seimbang

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163010 NAIMATUL ANDARIATIN NAFISAH
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:43
Last Modified: 29 Jul 2025 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59723

Actions (login required)

View Item View Item