IRLINA AL MAGHFIROH, 126205201020 (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DENGAN MEDIA AJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD AL ISHLAH WAUNG BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik dengan media ajar pada pembelajaran matematika di SD Al Ishlah Waung Boyolangu Tulungagung” ditulis oleh Irlina Al maghfiroh, NIM. 126205201020, dosen pembimbing Dr. Musrikah S.Pd.I, M.Pd. Kreativitas dalam proses pembelajaran sangat penting bagi seorang guru karena memudahkan siswa dalam menerima materi pembelajaran. Kreatifitas guru dapat menciptakan suasana kelas yang penuh inspirasi bagi siswa dan meningkatkan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dalam pembejaran matematika, kreativitas guru sangatlah dibutuhkan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika dan membuat pembelajaran matematika lebih diminati serta mudah dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kreativitas guru dalam mengembangkan kegiatan menarik dan beragam pada pembelajaran Matematika di SD Al Ishlah (2) Mengetahui Kreativitas guru dalam membuat media ajar pada pembelajaran matematika dengan memanfaatkan lingkungan di SD Al Ishlah (3) Mengetahui kreativitas guru dalam mengelola media ajar dan kelas dalam proses belajar pada pembelajaran Matematika di SD Al Ishlah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif guna mengungkap kreativitas guru dalam pembelajaran matematika di SD Al Ishlah. Penelitian ini dilakukan di kelas I, II, dan IV di SD Al Ishlah Tulungagung dengan subjek 3 guru matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi data. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian dilakukan pengecekan data dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian, sebagai berikut (1) Kreativitas guru sangat berpengaruh besar dalam mengembangkan proses kegiatan menarik dan beragam pada pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika. Kreativitas tersebut berupa ketrampilan memberikan ice breaking, membuat alat peraga, dan mengembangkan pembelajaran dalam bentuk permainan yang menarik. (2) Kreativitas guru dalam membuat bahan ajar ditunjukkan dengan media ajar yang dibuat guru dengan memanfaatkan benda-benda lingkungan sekitar berupa bola kecil, spidol, jam dinding dari kardus bekas yang dihias dan stick es krim sebagai bahan ajar yang menarik. Selain itu, guru memilih media konkret tersebut agar mempermudah peserta didik dalam mengoprasikan media ajar sehingga meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media yang ada di sekitar mereka. (3) Kreativitas guru dalam mengelola media ajar dan kelas dalam proses belajar pada Pembelajaran Matematika di SD Al Ishlah dengan menyesuaikan materi dan media ajar pelajaran matematika dengan kecepatan dan kemampuan belajar peserta didik yang berbeda-beda dengan media yang mampu mencakup pemahaman peserta didik yang berbeda-beda tersebut. Guru matematika juga lebih memberikan nasehat kepada peserta didik dan memberikan motivasi pada pembelajaran dan dalam mengarahkan tingkah laku peserta didik agar lebih semangat dalam pembelajaran. Kata Kunci: Kreativitas, guru, motivasi, media ajar, pembelajaran matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205201020 IRLINA AL MAGHFIROH |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:50 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 03:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |