PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MI AL IFADAH NGUNUT

SALWA MAULIDIYA NAHDLOH, 126205211064 (2025) PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MI AL IFADAH NGUNUT. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (906kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Siswa MI Al Ifadah Ngunut” ini ditulis oleh Salwa Maulidiya Nahdloh, NIM. 126205211064, dengan pembimbing skripsi Ibu Irma Fuziyah, M.Pd. Kata Kunci: Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini membahas mengenai metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Kemampuan membaca Al Qur’an merupakan hal yang sangat penting bagi siswa di tingkat dasar, karena fondasi awal dalam memahami isi kandungan Al-Qur’an serta membentuk karakter islami sejak dini, Pentingnya pembelajaran ini dikuatkan oleh QS. At-Tahrim ayat 6 yang menganjurkan pendidikan agama sejak kecil. Hal ini selaras dengan tujuan membentuk generasi Qurani yang cerdas dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, salah satu metode yang tepat adalah metode Ummi. Metode ummi dipilih oleh MI Al Ifadah karena pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, terstruktur, dan menekankan pada tahsin serta tartil bacaan. Metode ini dirancang khusus untuk peserta didik tingkat dasar, sehingga dapat membantu siswa belajar membaca Al-Qur’an secara bertahap dan menyeluruh sesuai kaidah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa di MI Al Ifadah? (2) Bagaiman faktor pendukung metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an dalam siswa di MI Al Ifadah? (3) Bagaimana tantangan penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an dalam siswa di MI Al Ifadah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Al-Qur’an dan siswa MI Al Ifadah Ngunut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode Ummi mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik secara signifikan, Siswa dikelompokkan sesuai kemampuan, pembelajaran dibagi dalam tiga sesi per hari, uji publik bagi siswa yang telah menyelesaikan program tartil dan tahfidz (2) penggunaan media pembelajaran yang menarik dan sesuai standar Ummi, Guru telah terverifikasi oleh Ummi Foundation, serta terdapat pembinaan dan evaluasi secara berkala. (3) Beberapa guru yang belum memenuhi standar ideal sebagai pendidik profesional. Dengan demikian, metode Ummi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MI Al Ifadah Ngunut, dan dapat menjadi alternatif solusi dalam pembelajaran Al-Qur’an di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211064 SALWA MAULIDIYA NAHDLOH
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:48
Last Modified: 21 Jul 2025 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59742

Actions (login required)

View Item View Item