ANALISIS RENDAHNYA KEMAMPUAN BERBAHASA JAWA KRAMA INGGIL PADA SISWA KELAS IV MI PLUS MISHBAHUL HUDA POGALAN TRENGGALEK

ZAZLINE IZZANTIE, 126205213237 (2025) ANALISIS RENDAHNYA KEMAMPUAN BERBAHASA JAWA KRAMA INGGIL PADA SISWA KELAS IV MI PLUS MISHBAHUL HUDA POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (557kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Analisis Rendahnya Kemampuan Berbahasa Jawa Krama inggil Pada Siswa Kelas IV MI Plus Mishbahul Huda Pogalan Trenggalek” ini ditulis oleh Zazline Izzantie, NIM. 126205213237, Dosen Pembimbing Bagus Wahyu Setyawan, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Berbahasa, Krama inggil, Bahasa Jawa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menggunakan Bahasa Jawa krama inggil, di mana peserta didik sekarang lebih sering menggunakan ragam ngoko meskipun berbicara dengan orang yang lebih tua atau dihormati seperti guru dan orang tua. Hal ini menunjukkan adanya penurunan kesadaran berbahasa yang dapat mengancam kelestarian bahasa daerah yakni krama ingiil. Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) mendeskripsikan kemampuan berbahasa Jawa krama inggil siswa kelas IV MI Plus Mishbahul Huda Pogalan Trenggalek; (2) mengidentifikasi faktor-faktor penyebab rendahnya kemampuan berbahasa Jawa krama inggil siswa kelas IV MI Plus Mishbahul Huda Pogalan Trenggalek (3) mendeskripsikan solusi guru terhadap rendahnya kemampuan berbahasa Jawa krama inggil siswa kelas IV MI Plus Mishbahul Huda Pogalan Trenggalek. Skripsi ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian meliputi siswa, guru, kepala madrasah, orang tua siswa, serta masyarakat sekitar. Teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berbahasa siswa sangat beragam, dengan kecenderungan menggunakan Bahasa Jawa ragam ngoko, campuran dengan bahasa Indonesia, dan penggunaan yang tidak konsisten terhadap krama inggil; (2) faktor penyebab rendahnya kemampuan tersebut antara lain kebiasaan bahasa di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat, pengaruh teman sebaya, rendahnya motivasi dan rasa percaya diri, serta pengaruh media dan teknologi; dan (3) solusi yang diterapkan guru meliputi diadakan program penggunaan Bahasa Jawa krama inggil satu hari khusus setiap minggu atau satu bulan sekali, pembiasaan menggunakan bahasa krama inggil di sekolah, teguran kepada siswa, dan pemberian tugas berbasis media sosial, serta kerja sama dengan orang tua siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213237 ZAZLINE IZZANTIE
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:25
Last Modified: 21 Jul 2025 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59756

Actions (login required)

View Item View Item