SITI KHOLIFAH, 126207202067 (2025) PROGRAM UNGGULAN MADRASAH MUROTTILIL QUR’AN DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Program Unggulan Madrasah Murottilil Qur’an dalam Manajemen Berbasis Sekolah [Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung]” ini ditulis oleh Siti Kholifah, NIM. 126207202067, dengan pembimbing/promotor Dr. H. Ali Rohmad, M. Ag. Kata Kunci: Program Unggulan, Madrasah Murottilil Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh desentralisasi Pendidikan sejak reformasi 1998 melalui MBS yang telah memberi otonomi kepada sekolah dan madrasah untuk mengembangkan kurikulum muatan lokal yang relevan. Sebagai respon terhadap otonomi kurikulum muatan lokal, MMQ di MTs. Darul Falah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan mendesak peserta didik dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an secara benar, sekaligus selaras dengan lingkungan pesantren. Program ini tidak hanya menjadi ciri khas madrasah, namun juga bertujuan membentuk lulusan yang mahir Al-Qur'an dan nilai-nilainya. Di era digital, MMQ krusial dalam membimbing peserta didik memilah informasi positif dan membentuk generasi muda yang berpengetahuan, beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah, serta berpegang teguh pada Al-Qur’an, Hadīts, dan Pancasila, guna menghadapi tantangan modern dan berkontribusi bagi bangsa. Tujuan penelitian ini untuk memahami dan mendiskripsikan tentang (1) perencanaan program unggulan Madrasah Murottilil Qur’an dalam Manajemen Berbasis Sekolah di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagun; (2) pelaksanaan program unggulan Madrasah Murottililil Qur’an dalam Manajemen Berbasis Sekolah di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung; dan (3) penilaian program unggulan Madrasah Murottilil Qur’an dalam Manajemen Berbasis Sekolah di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini dengan dipandu teori Madrasah Murottilil Qur’an penulis belajar mengindahkan keterpaduan konstruksi “paradigma Islāmīy (bayānīy, burhānīy, ‘irfānīy)” kendati mengadop “paradigma postpositivistik-interpretif”. Kehadiran peneliti: mulai Sabtu 15 Juni 2024. Sumber data: informan, peristiwa/aktivitas, dokumen/arsip, lingkungan madrasah. Teknik pengumpulan data: Observasi-partisipan, Wawancara-mendalam, dan Dokumentasi. Data: Ringkasan Data. Prosedur analisis data: kondensasisi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data: perpanjangan kehadiran, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi (sumber dan metode serta waktu), pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil Penelitian: 1. Perencanaan program unggulan MMQ, adalah: diawali dari ide seseorang Ibu Nyai yang direspon dengan baik oleh pengurus madrasah dan para guru dan dimufakati dalam rapat-musyawarah antara mereka untuk ditetapkan oleh kepala ketua program menjadi bagian dari program kerja madrasah kearah memperkokoh multikeserdasan setiap siswa-siswi yang secara khusus dalam kategori keilmuan al-Qur’an, dilanjut pembentukan struktur pengurus, pemilihan guru, oenentuan fokus sasaran, dan penjadwalan program. Tahapan penerimaan peserta didik baru yang akan mengikuti program diawali dengan musyawarah guru dan pegurus MMQ untuk membahas dan mengembangkan struktur tim penguji, pembentukan kelompok siswa, pembentukan penguji. Adapun pelaksanaan ujian MMQ peserta didik baru meliputi membaca Al-Qur’an/Jilid An-Nahdliyah, menulis Al-Qur’an, dan tes bacaan sholat. Kurikulum program terdapat tiga tingkatan yaitu: ula, wustho, dan ulya yang pembagiannya berdasarkan hasil dari pelaksanaan ujian peserta didik baru; 2. Prosedur pelaksanaan program MMQ, adalah terlihat melalui: a. kegiatan pendahuluan yaitu membaca doa dan presensi kehadiran; b. kegiatan inti: muroja’ah, menghafalkan al-Qur’an, membaca al-Qur’an dengan menirukan bacaan guru perayat setiap hari Senin, Selasa, dan Rabu dan mempelajari materi tajwid setiap hari jum’at; 3. Penilaian dari pelaksanaan program MMQ, adalah : diawali dengan pembentukan tim penguji melalui musyawarah seluruh guru MMQ dan pengurus Yayasan, dilanjut dengan membahas sistem ujian dan cara penilaian. Adapun macam penilain MMQ meliputi: 1. Penilaiain harian yang diperoleh santri setelah setoran membaca/menghafalkan al-Qur’an yang tertulis dalam jurnal MMQ; 2. Penilaian semester 1 dan semester yaitu ujian lisan, ujian muroja’ah, dan ujian tulis; 3. Ujian Terbuka bagi santri kelompok ulya
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207202067 SITI KHOLIFAH |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:28 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 01:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |