DESY SRI SETYO WATI, 1880501220022 (2025) MANAJEMEN KURIKULUM SISTEM KREDIT SEMESTER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Multikasus Di MAN 4 Jombang dan SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang). [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Manajemen Kurikulum Sistem Kredit Semester Dalam Emingkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Multikasus MAN 4 Jombang dan SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang)”, yang di tulis oleh Desy Sri Setyo Wati, NIM 1880501220022. Dengan promotor Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I., dan Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Sistem Kredit Semester, Prestasi Belajar Penelitian ini didasari oleh perbedaan kecerdasan, kecakapan, bakat, dan minat peserta didik. Oleh karena itu, sekolah harus mampu mengakomodir segala aspek yang ada di dalamnya termasuk aspek perbedaan individual peserta didik. Pemerintah memberikan alternatif kepada sekolah untuk mengakomodasikan kebutuhan peserta didik sesuai dengan bakat, minat, serta kemampuannya dengan Sistem Kredit Semester. Program sistem kredit semester membutuhkan minat dan bakat untuk mencapai efektivitas dalam pembelajaran. Dengan adanya program sistem kredit semester diharapkan peserta didik dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Fokus pertanyaan penelitian terbagi menjadi 4 bagian yaitu: 1) Perencanaan Kurikulum sistem kredit semester dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MAN 4 Jombang dan SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang, 2) Pengorganisasian Kurikulum sistem kredit semester dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MAN 4 Jombang dan SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang 3) Pelaksanaan Kurikulum sistem kredit semester dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MAN 4 Jombang dan SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang, dan 4) Evaluasi Kurikulum sistem kredit semester dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MAN 4 Jombang dan SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang. Metode penelitian ini yaitu kualitatif, jenis penelitian deskriptif dengan model rancangan multi kasus, teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data model Miles dan Huberman. Pemgecekan keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang meliputi (Uji Credibility, Uji Transferability, Uji Dependability, dan Uji Confirmability. Hasil penelitian ini yang mencakup 1) Perencanaan program system kredit semester sesuai dengan petunjuk teknis pedoman penyelenggaraan system kredit semester disekolah, merumuskan tujuan kemampuan, merumuskan isi kurikulum, merancang strategi penilaian 2) Pengorganisasian program system kredit semester dengan membagian tugas mengajar sesuai dengan keahlian, penyusunan jadwal pelajaran dan pengajaran 3) Pelaksanaan program system kredit semester memberikan pelayanan kepada peserta didik dengan percepatan belajar dan pemetaan belajar peserta didik 4) evaluasi program system kredit semester melalui rapat bersama wakil kepala bidang kurikulum, monitoring, supervisi, laporan evaluasi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1880501220022 DESY SRI SETYO WATI |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:43 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |