MUHAMMAD YUSUF SAIFULLOH, 126201212143 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTS DARISSULAIMANIYYAH TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (780kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Active Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh di MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek” ini ditulis oleh Muhammad Yusuf Saifulloh, NIM 126201212143, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing skripsi: Hawwin Muzakki, M.Pd.I Kata kunci: Perencanaan, Implementasi, Evaluasi, Pembelajaran Active learning, Prestasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembelajaran fiqh yang masih menggunakan metode konvensional ceramah saja dan mengakibatkan siswa merasa bosan di kelas sehingga pemahaman materi fiqh siswa sulit tercapai dan prestasinya menurun. Sebagai bentuk solusi, guru fiqh dituntut untuk dapat menggunakan pembelajaran active learning supaya siswa tidak lagi merasa bosan di kelas dan menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa. Maka penulis tertarik untuk meneliti tentang implementasi pembelajaran active learning dalam meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran fiqh. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran active learning dalam meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran fiqh di MTs Darissulaimaniyyah. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran active learning dalam meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran fiqh di MTs Darissulaimaniyyah. (3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi pembelajaran active learning dalam meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran fiqh di MTs Darissulaimaniyyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah model interaktif miles and huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran active learning dilakukan guru dengan menganalisis kurikulum, merancang pembelajaran, dan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran Active learning. (2) Pelaksanaan pembelajaran active learning dilakukan guru menggunakan metode Small Group Discussion dan metode Mind map dengan 3 tahap yaitu tahap awal(orientasi, apersepsi, motivasi), tahap inti (Mengamati,Menanya, Mengumpulkan informasi, Mengasosiasi, Mengkomunikasikan) dan tahap penutup (menyimpulkan, refleksi, menutup dengan salam). (3) Evaluasi pembelajaran acive learning dilakukan guru melalui evaluasi formatif, sumatif, dan umpan balik/tindak lanjut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212143 MUHAMMAD YUSUF SAIFULLOH |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:56 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |