DHEA SALSABIL LABIBAH, 126209202065 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI MTSN 1 NGANJUK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (740kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (644kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII di MTsN 1 Nganjuk” ditulis oleh Dhea Salsabil Labibah NIM. 126209202065. Pembimbing : Hendra Pratama, M.Pd. Kata Kunci : Team Games Tournament, Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Belajar. Latar belakang dari penelitian ini adalah tingkat kemampuan berfikir kritis siswa yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari siswa tidak merspon pertanyan dari guru, siswa tidak aktif dalam pembelajaran siswa, siswa sulit dalam memahami materi yang di ajarkan. Selain itu tingkat motivasi belajar siswa rendah, dimana pada proses pembelajaran berlangsung siswa kurang tekun, siswa tidak bersemangat saat pembelajaran IPS berlangsung, mereka menganggap pelajaran IPS sangat membosankan. Proses pembelajaran IPS di kelas VII MTsN 1 Nganjuk dilakukan dengan menggunakan metode pemberian tugas setelah materi dijelaskan. Pada kegiatan pembelajaran tidak ada kegiatan diskusi kelompok, hal ini mengakibatkan kurangnya siswa bertukar pikiran dan pendapat antar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas VII di MTsN 1 Nganjuk?, (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap peningkatan motivasi belajar IPS kelas VII di MTsN 1 Nganjuk, (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar IPS siswa kelas VII di MTsN 1 Nganjuk?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas VII di MTsN 1 Nganjuk, (2) Mengetahui pengaruh model Pembelajaran Team Games Tournament terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VII di MTsN 1 Nganjuk, (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar IPS siswa kelas VII di MTsN 1 Nganjuk. Manfaat dari penelitian ini yaitu bagi murid, penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament dalam kegiatan pembelajaran dapat lebih efektif, aktf, menyenangkan dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Bagi guru, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih model dan mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi tertentu yang dialami oleh siswa, sehingga dapat mengubah pandangan siswa terhadap IPS dan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Bagi Kepala Sekolah, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk merumuskan kebijakan yang mengarah pada peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa khususnya di lingkungan SMP/MTS. Bagi peneliti diharapkan dapat memperoleh pengalaman langsung dalam menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) dalam proses pembelajaran. xxi Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen Research (Penelitian Eksperimen Semu). Penelitian dilakukan dengan membagi siswa menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional dan kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament. Populasi pada Penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Nganjuk, sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas VII-F dan VII-G yang berjumlah 62 siswa. Hal tersebut digunakan untuk menggali atau memperoleh data penelitian yang akan digunakan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Games Tournament berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar IPS siswa. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model ini menunjukkan adanya kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai pre test dan post test, hasil analisis data angket dan lembar observasi pada uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample Test. Hasil uji hipotesis data nilai pre test dan post test kemampuan berfikir kritis adalah (2-tailed) 0.000 < 0.05 Hasil uji hipotesis angket kemampuan berfikir kritis adalah (2-tailed) 0.045 < 0.05 dan nilai signifikansi dari lembar observasi kemampuan berfikir kritis adalah (2-tailed) 0.005 < 0.05. Sementara itu, nilai signifikansi dari hasil uji hipotesis angket motivasi belajar adalah (2-tailed) 0.032 < 0.05 dan nilai signifikansi dari lembar observasi motivasi belajar adalah (2-tailed) 0.028 < 0.05. Hal tersebut mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran team games tournament terhadap kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209202065 DHEA SALSABIL LABIBAH |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:10 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |