PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI FUNGI KELAS X MA AL HIKMAH MELATHEN TULUNGAGUNG

LAYLI AHLAQUL KARIMAH, 126208211018 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI FUNGI KELAS X MA AL HIKMAH MELATHEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium virtual untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Klasifikasi Fungi Kelas X MA Al Hikmah Melathen Tulungagung”, ditulis oleh Layli Ahlaqul Karimah, NIM 126208211018, Pembimbing Bapak Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci: Laboratorium virtual, Media Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar, Klasifikasi Fungi, ADDIE. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi fungi menjadi hambatan dalam proses pembelajaran di MA Al Hikmah Melathen Tulungagung. Hal ini disebabkan keterbatasan media praktikum, serta metode konvensional yang kurang menarik dan interaktif. Diperlukan sebuah media pembelajaran berbasis laboratorium virtual untuk mengatasi kendala tersebut, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik, realistis, dan meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang kompleks seperti klasifikasi fungi Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Laboratorium virtual dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi fungi kelas X MA Al Hikmah Melathen Tulungagung. (2) Untuk mengetahui tingkat kevalidan pengembangan media pembelajaran Laboratorium virtual dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi fungi kelas X MA Al Hikmah Melathen Tulungagung. (3) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan pengembangan media pembelajaran Laboratorium virtual dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi fungi kelas X MA Al Hikmah Melathen Tulungagung. (4) Untuk mengetahui tingkat keefektifan pengembangan media pembelajaran Laboratorium virtual dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi fungi kelas X MA Al Hikmah Melathen Tulungagung. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk berupa laboratorium virtual dikembangkan menggunakan Adobe Animate, yang terdiri dari tujuh scene (pendahuluan, materi, simulasi lab, petunjuk praktikum, dan evaluasi). Data dikumpulkan melalui validasi ahli, angket minat belajar, dan tes hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Analisis dilakukan melalui wawancara dan angket untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran. (2) Hasil pengujian kevalidan menunjukkan bahwa media laboratorium virtual efektif meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan melalui validasi ahli media dengan skor 87,5%, ahli materi 90,62% dan validasi guru biologi 81,25%. (3) Hasil uji kepraktisan melalui angket uji respon peserta didik mendapatkan presentase 76% dari 21 peserta didik, yang berarti mudah dan dapat digunakan secara praktis. (4) hasil uji efektifitas dibuktikan pada peningkatan hasil belajar melalui uji N-Gain sebesar 54,285% pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol sebesar 43,57%. Serta uji wilcoxon dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, menunjukkan adanya pengaruh signifikan laboratorium virtual terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen. Dan dilihat juga melalui minat belajar peserta didik melalui angket dengan uji N-Gain sebesar 79,642% pada kelas eksperimen. Sedangkan, pada kelas kontrol sebesar 64,82%. Serta uji wilcoxon dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan laboratorium virtual terhadap minat belajar peserta didik. Pengaruh antar kelompok juga dibuktikan pada uji Mann-Whitney U hasil belajar menunjukkan 0,000 < 0,05 dan uji Mann-Whitney U pada minat belajar peserta didik menunjukkan 0,000 < 0,05. Keduanya menunjukkan perbedaan signifikan pada setiap kelompoknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208211018 LAYLI AHLAQUL KARIMAH
Date Deposited: 29 Jul 2025 03:05
Last Modified: 29 Jul 2025 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60017

Actions (login required)

View Item View Item