IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN MAHASISWA MADRASAH DINIYAH UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LAILI RINDA VERDINA, 126201212135 (2025) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN MAHASISWA MADRASAH DINIYAH UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (839kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (948kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Mahasiswa Madrasah Diniyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung” ini ditulis oleh Laili Rinda Verdina, NIM. 126201212135, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing : oleh Hawwin Muzakki, M.Pd.I Kata Kunci : Implementasi, Metode An-nahdliyah, Kemampuan BTQ Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena banyaknya mahasiswa yang kesulitan membaca Al-Qur’an. Idealnya seorang muslim dewasa sudah lancar membaca Al-Qur’an dan menguasai tajwid. Namun, pada realitanya berdasarkan fakta di lapangan banyak ditemukan mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang belum mampu membaca Al-Qur'an dengan baik. Madrasah Diniyah BTQ UIN Sayyid Ali Rahmatulah Tulungagung menjadi salah satu wadah pembelajaran BTQ yang menerapkan metode an-nahdliyah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan metode an-nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an mahasiswa madrasah diniyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode an-nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an mahasiswa madrasah diniyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. (3) Mendeskripsikan evaluasi dari metode an-nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an mahasiswa madrasah diniyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. (4) Mendeskripsikan implikasi dari implementasi metode an-nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an mahasiswa madrasah diniyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pengajar btq, direktur ma’had al-jami’ah, wakil direktur ma’had al-jami’ah, ketua musyrifah dan mahasantri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian antara lain: (1) Perencanaan implementasi metode an-nahdliyah terdiri atas : rapar koordinasi, pengadaan placement test, penyusunan rencana pembelajaran semester (RPS) dan penyeragaman metode. (2) Pelaksanaan dari implementasi metode an-nahdliyah di kelas BTQ terdiri dari : tahap pendahuluan, tahap inti yang mencakup materi, metode dan media, serta tahap penutup. (3) Evaluasi dari implementasi metode an-nahdliyah ada dua yaitu penilaian proses dan penilaian hasil. (4) Implikasi dari implementasi metode an-nahdliyah adalah kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an mahasantri mengalami peningkatan dari semula yang tidak mengenal huruf hijaiyah hingga dapat membaca dan menulis al-Qur’an dengan lancar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Mahasiswa
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212135 LAILI RINDA VERDINA
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:31
Last Modified: 28 Jul 2025 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60059

Actions (login required)

View Item View Item