PUTRI MAMBAUL ULUM, 126201212156 (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM KEISLAMAN KULTUM (KULIAH TUJUH MENIT) DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 1 GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (810kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Program Keislaman Kultum (Kuliah Tujuh Menit) dalam Pembinaan Akhlakul Karimah pada Peserta Didik di SMPN 1 Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Putri Mambaul Ulum, NIM. 126201212156, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggung yang dibimbing oleh Bapak Saiful Bahri., S.Ag M.Pd.I Kata Kunci: Implementasi, Program Keislaman Kultum, Akhlakul Karimah Pendidikan agama di sekolah berperan penting dalam membentuk aspek spiritual dan religius peserta didik, sekaligus menjadi benteng utama dalam menghadapi dampak negatif perkembangan teknologi. Kemajuan teknologi memudahkan akses ilmu pengetahuan, tetapi juga berisiko jika disalahgunakan, seperti terpapar pornografi, perjudian online, dan kenakalan remaja. Sekolah memiliki peran strategis dalam membina akhlakul karimahkarena sebagai tempat Pendidikan formal, salah satunya melalui program Kultum (Kuliah Tujuh Menit) di SMPN 1 Gandusari. Program ini bertujuan memberikan pencerahan agama secara singkat untuk meningkatkan kesadaran berakhlak baik, membentuk karakter yang beriman, bertakwa, dan berperilaku positif di kalangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan program Kultum, tantangan yang dihadapi, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilannya dalam pembinaan akhlakul karimah. Peserta didik di SMPN 1 Gandusari Trenggalek. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumusakn focus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan implementasi program keislaman kultum (Kuliah Tujuh Menit) dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di SMPN 1 Gandusari Trenggalek?, 2) Apa saja tantangan dalam implementasi program keislaman kultum (Kuliah Tujuh Menit) dalam pembinaan akhlakul karimah pada peserta didik di SMPN 1 Gandusari Trenggalek?, 3) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhastilan implementasi program keislaman kultum (Kuliah Tujuh Menit) dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di SMPN 1 Gandusari Trenggalek?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait mendeskripsikan pelaksanaan implementasi program keislaman kultum mengetahui tantangan serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi program keislaman kultum (Kuliah Tujuh Menit) dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik di SMPN 1 Gandusari Trenggalek. Penelitian ini memenggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknnik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan teknik kredibilitas meliputi trianggulasi sumber, perpanjangan pengamatan dan ketekunan pengamatan. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Pelaksanaan Implementasi Program Keislaman Kultum (Kuliah Tujuh Menit) dalam Pembinaan Akhlakul Karimah pada Peserta Didik di SMPN 1 Gandusari Trenggalek. menunjukkan bahwa program Kultum di SMPN 1 Gandusari Trenggalek berlangsung setiap Jumat pagi selama 15-20 menit, dipandu oleh guru Pendidikan agama Islam, dengan peserta didik mencatat materi di kelas masing-masing. Materi disesuaikan dengan isu remaja dan menekankan nilai akhlakul karimah, seperti bersedekah, kejujuran, dan ketaatan kepada orang tua, diperkuat dengan dalil Al-Qur'an dan hadis. 2) Tantangan dalam implementasi program Kultum di SMPN 1 Gandusari Trenggalek antara lain keterlambatan peserta didik saat berangkat ke sekolah, sehingga mengurangi keefektifan kegiatan. Selain itu, kondisi kelas kurang kondusif jika tidak ada pendampingan dari guru. Tantangan lainnya adalah kecepatan dalam penyampaian materi, di mana peserta didik kesulitan memahami isi kultum jika disampaikan terlalu cepat. 3) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Implementasi Program Keislaman Kultum yakni dipengaruhi oleh dukungan penuh dari sekolah, termasuk kepala sekolah, guru, dan staf yang terlibat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selain itu, sekolah juga berperan dalam menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung kelancaran kegiatan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212156 PUTRI MAMBAUL ULUM |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 01:19 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 01:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60068 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |