PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN APLIKASI LABORATORIUM VIRTUAL (VLabs) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI GINJAL KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR

NUZULA SYAFI`ATUL AULIANA, 126208211031 (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN APLIKASI LABORATORIUM VIRTUAL (VLabs) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI GINJAL KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Biologi Menggunakan Aplikasi Laboratorium Virtual (VLabs) Terhada Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Ginjal Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar”, ditulis oleh Nuzula Syafi`atul Auliana, NIM 126208211031, Jurusan Ilmu Keguruan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Biologi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Laboratorium Virtual (VLabs), Sistem Ekskresi, Minat, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dimana materi sistem ekskresi ginjal merupakan materi yang sulit dipelajari sehingga memerlukan kegiatan praktikum untuk memperjelas prosesnya. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa kegiatan praktikum terhambat oleh keterbatasan fasilitas laboratorium, ketiadaan ruang laboratorium, dan minimnya waktu pembelajaran mengakibatkan kegiatan praktikum tidak dilakukan. Hal ini berakibat pada turunnya minat dan hasil belajar siswa MAN 2 Blitar terhadap materi sistem ekeskresi ginjal. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi berupa Laboratorium Virtual (VLabs) merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan agar siswa dapat melakukan kegiatan praktikum dimanapun dan kapanpun. Dengan adanya media Laboratorium Virtual diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa MAN 2 Blitar pada materi sistem ekskresi ginjal. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi menggunakan aplikasi Laboratorium Virtual (VLabs) terhadap minat siswa pada materi sistem ekskresi ginjal kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar (2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi menggunakan aplikasi Laboratorium Virtual (VLabs) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi ginjal kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar Pendekatan penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas XI MAN 2 Blitar dan sampel penelitian yakni kelas XI C (kelas kontrol) dan XI D (kelas eksperimen) dengan jumlah siswa masing-masing 37 dan 38 siswa. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui teknik angket, tes, dan dokumentasi. Data sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya data yang diperoleh diuji prasyarat yakni uji normalitas dan homogenitas, kemudian analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test, dan uji Man Whitney. Hasil uji validitas terdapat 16 soal angket dan 25 soal hasil belajar yang valid digunakan dimana r-hitung > r-tabel dengan N = 25 dan taraf signifikansi 5%. Kemudian hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach` lAlpha angket minat belajar sebesar 0,872 > 0,6 dan nilai Cronbach` lAlpha soal hasil belajar pretest sebesar 0,811 > 0,6 sedangkan posttest sebesar 0,830 > 0,6 artinya instrumen angket dan hasil belajar reliabel. Hasil uji hipotesis (1) ada pengaruh pembelajaran biologi menggunakan aplikasi Laboratorium Virtual (VLabs) terhadap minat siswa pada materi sistem ekskresi ginjal kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test (2) ada pengaruh pembelajaran biologi menggunakan aplikasi Laboratorium Virtual (VLabs) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi ginjal kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar dengan nilai nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 berdasarkan hasil uji Man Whitney U Test. Kesimpulannya terdapat pengaruh Vlabs terhadap minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208211031 NUZULA SYAFI'ATUL AULIANA
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:19
Last Modified: 04 Aug 2025 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60090

Actions (login required)

View Item View Item