DEBBY ROFI'AH, 126209211010 (2025) ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPS PADA MATERI SEJARAH DITINJAU DARI FAKTOR PENYEBAB PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 3 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Belajar IPS pada Materi Sejarah Ditinjau dari Faktor Penyebab pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 3 Blitar” ditulis oleh Debby Rofi’ah, NIM 126209211010 Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ibu Dita Hendriani,M.A. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Materi Sejarah, Faktor Penyebab Kesulitan belajar adalah kondisi peserta didik tidak dapat belajar secara wajar karena adanya hambatan dalam mencapai tujuan atau hasil belajar. Dimana peserta didik kelas VIII mengalami gejala kesulitan belajar, seperti cepat bosan, sulit berkonsentrasi, malas, ngantuk dan jenuh saat pembelajaran materi sejarah. Sedangkan pada pembelajaran materi IPS yang lain seperti ekonomi, geografi hanya beberapa peserta didik yang mengalami gejala kesulitan belajar. Pada pembelajaran materi sejarah hampir semua peserta didik mengalami gejala kesulitan belajar seperti diatas. Kesulitan belajar disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor internal (dari dalam diri) dan faktor eksternal (dari luar diri). Hal inilah yang menjadi latar belakang dan ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian di MTs Negeri 3 Blitar khususnya pada kelas VIII. Fokus Penelitian pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran IPS di MTs Negeri 3 Blitar?, 2) Apa saja faktor kesulitan belajar materi sejarah pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Blitar?, 3) Bagaimana dampak pembelajaran materi sejarah pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Blitar? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pembelajaran IPS pada kelas VIII di MTs Negeri 3 Blitar, 2) Untuk mengetahui daktor yang menyebabkan siswa kelas VIII mengalami kesulitan belajar materi sejarah, 3) Untuk mengetahui dampak pembelajaran materi sejarah pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Blitar. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada tiga, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung oleh peneliti untuk mendapatkan data yang valid. Sedangkan teknik aalisis data menggunakan kondensasi data, data display atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pada hasil penelitian maka dapat diketahui: 1) Pembelajaran IPS pada kelas VIII MTs Negeri 3 Blitar sudah berjalan dengan baik, namun metode dan media yang digunakan guru terkadang masih membosankan, buku paket siswa pun masih terbatas. 2) Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar, faktor internal terjadi karena, minat, motivasi, dan persepsi siswa pada materi sejarah, sedangkang faktor eksternal karena metode pembelajaran, media pembelajaran, minimnya sumber belajar, dan jam pelajaran. 3) Dampak pembelajaran sejarah peserta didik lebih menghargai warisan budaya, mempengaruhi pola pikir peserta didik, pembelajaran sejarah membantu dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209211010 DEBBY ROFI'AH |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:42 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60091 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |