PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMES INTERAKTIF BERBASIS ROLE PLAYER GAMES (RPG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI SPLDV KELAS IX SMPN 2 GEGESIK CIREBON DAN SMPN 1 KEDOKANBUNDER INDRAMAYU.

ADE HADIANA, 1880512230008 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMES INTERAKTIF BERBASIS ROLE PLAYER GAMES (RPG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI SPLDV KELAS IX SMPN 2 GEGESIK CIREBON DAN SMPN 1 KEDOKANBUNDER INDRAMAYU. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Games Interaktif Berbasis Role Player Games (RPG) untuk Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi SPLDV Kelas IX SMPN 2 Gegesik Cirebon dan SMPN 1 Kedokanbunder Indramayu” ini ditulis oleh Ade Hadiana, NIM 1880512230008, dengan Pembimbing I Dr. Musrikah, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Games Interaktif, Role Player Games, Kemampuan Pemecahan Masalah. Upaya peningkatan sumber daya manusia harus terus menerus dilakukan secara konsisten, berlanjut dan saling berkesinambungan dimulai dari jenjang Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang unggul. Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dimiliki oleh siswa untuk bekal dalam kehidupan sehari dan menjawab tantatangan zaman. Guru sebagai pionir harus mengupayakan pembelajaran yang dapat menarik dengan penentuan model pembelajaran yang efektif dan mempermudah dalam proses belajar sehingga pembelajaran lebih dengan mudah dipahami oleh siswa. Pembaharuan pada model pembelajaran yang memungkinkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yaitu model pembelajaran Role Player Games (RPG). RPG dapat menjadikan siswa semangat dalam belajar, dapat menumbuhkan rasa selalu ingin mencoba, dan melatih daya imajinasi dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis Role Player Games (RPG) yang memenuhi kriteri kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi SPLDV kelas IX SMP Negeri 2 Gegesik Cirebon dan SMP Negeri 1 Kedokanbunder. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model ADDIE, yaitu : 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, tes, wawancara, serta observasi dan dokumentasi, dengan subjek uji coba produk adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gegesik Cirebon dan SMP Negeri 1 Kedokanbunder. Hasil penelitian ini telah berhasil dikembangkan berdasarkan proses dan tahapan pengembangan menggunakan model ADDIE. Adapun menurut penilaian ahli menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memperoleh kriteria valid. Hal ini mennujukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa. Adapun penilaian berdasarkan hasil uji respon guru dan siswa menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat di implementasikan pada proses pembelajaran matematika khususnya pada materi SPLDV. Adapun dari hasil posttest menunjukkan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini berarti bahwa bahan ajar yang dikembangkan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Variabel
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512230008 ADE HADIANA
Date Deposited: 08 Aug 2025 01:16
Last Modified: 08 Aug 2025 01:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60225

Actions (login required)

View Item View Item