IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP MAKNA AYAT-AYAT AL-QUR’AN (Studi Kasus di SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Wonodadi Blitar)

ENDAH FATWANING TYAS, 12201193395 (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP MAKNA AYAT-AYAT AL-QUR’AN (Studi Kasus di SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Wonodadi Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (578kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan dan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Makna Ayat – Ayat Al-Qur’an (Studi Kasus di SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Wonodadi Blitar)” ini ditulis oleh Endah Fatwaning Tyas, NIM. 12201193395, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Uswatun Hasanah Kata Kunci : program tahfidz Al-Qur’an, kemampuan hafalan, pemahaman makna ayat – ayat Al-Qur’an Program tahfidz Al-Qur’an atau menghafal Al-Qur’an saat ini sudah sangat populer di dunia termasuk Indonesia. Di mana dalam program tersebut menitik beratkan pada capaian hafalan peserta didik tanpa mengutamakan pemahaman terhadap isi kandungan ayat atau surat. Hal ini menyebabkan banyak dari penghafal Al-Qur’an yang kurang paham dengan isi kandungan dari yang diembannya yakni Al-Qur’an. Sehingga program tahfidz Al-Qur’an yang tidak hanya mengedepankan hafalan peserta didik, namun juga pemahaman terhadap isi kandungan ayat atau surat sangat diperlukan karena hal tersebut dapat menjadi bekal peserta didik dalam kehidupan mendatang yang sesuai dengan ajaran Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program tahfidz Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan hafalan dan pemahaman peserta didik terhadap makna ayat – ayat Al-qur’an di SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Wonodadi Blitar, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan hafalan dan pemahaman peserta didik terhadap makna ayat – ayat Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Wonodadi Blitar, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi program tahfidz Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan hafalan dan pemahaman peserta didik terhadap makna ayat – ayat Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Wonodadi Blitar yang berada di Dusun Ngrawan Rt. 004 Rw. 002 Desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Subjek penelitian ini adalah siswa – siswi SMP Islam Terpadu Sunan Kalijaga Wonodadi Blitar. Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan/keajekan pengamatan dan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan program tahfidz Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan hafalan dan pemahaman peserta didik terhadap makna ayat – ayat Al-Qur’an dimulai dari menetapkan program dan indikator keberhasilan program, perekrutan guru dengan kualifikasi tertentu, serta pembagian kelas sesuai kemampuan peserta didik. 2) Dalam pelaksanaannya diawali dengan membaca do’a dan tawassul bersama yang dipimpin oleh guru atau pendidik, dan diakhiri dengan membaca do’a setelah selesai pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pelaksanaannya yaitu metode sima’i dan talaqqi. Bahan ajar yang digunakan sesuai dengan jenjang kelasnya masing – masing. 3) Evaluasi yang pernah dilakukan adalah evaluasi program pembelajaran yakni dari metode An-Nahdliyah ke metode Jet Tempur, dan evaluasi penempatan yakni dari pembagian kelas menurut pada kelas formal yang heterogen dalam bidang hafalan Al-Qur’an ke pembagian kelas sesuai dengan kemampuan peserta didik dalam bidang hafalan Al-Qur’an, serta evaluasi yang akan dilakukan yakni penambahan jam program tahfidz diluar jam sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Agama > Tafsir Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193395 ENDAH FATWANING TYAS
Date Deposited: 31 Jul 2025 01:55
Last Modified: 31 Jul 2025 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60228

Actions (login required)

View Item View Item