YULIA ZAINATUS SOFIA, 126201212209 (2025) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA PESERTA DIDIK DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (977kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
![]() |
Text
BAB VI .pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya tata krama sosial dan etika moral remaja dalam kehidupan, baik di rumah, sekolah maupun dalam lingkungan sekitar. Kondisi ini sangat memprihatinkan, terutama bagi orang tua dan guru. Khususnya guru Akidah Akhlak, karena guru akidah akhlak selain berperan mengajarkan pengetahuan peserta didik juga berperan penting dalam membentuk karakter dalam diri yang sesuai dengan ajaran Islam. Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai moral tahap knowing, feeling dan action pada peserta didik di MTsN 4 Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai moral tahap knowing, feeling dan action pada peserta didik di MTsN 4 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap tahap analisis data penelitian melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (a) Strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai moral tahap knowing pada peserta didik di MTsN 4 Tulungagung antara lain menyusun tujuan pembelajaran secara spesifik, identifikasi moral yang akan diajarkan, pemilihan metode dan media pembelajaran, memberikan penjelasan langsung mengenai nilai moral, Pemberian contoh melalui cerita atau kisah inspiratif, Menggunakan media pembelajaran interaktif, penguatan melalui diskusi kelompok, tes tulis dan tes lisan, observasi pastisipasi peserta didik. (b) Strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai moral tahap feeling pada peserta didik di MTsN 4 Tulungagung yaitu dengan mengidentifikasi nilai moral yang akan ditumbuhkan, merancang aktivitas emosional, memberikan keteladanan atau uswatun hasanah, memberikan penghargaan atas sikap positif, membangun hubungan personal yang hangat antara guru dan peserta didik, penciptaan lingkungan kondusif dengan konsep Madrasah Ramah Anak, obsevasi perilaku peserta didik sehari-hari. (c) Strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai moral tahap action pada peserta didik di MTsN 4 Tulungagung yaitu, menyusun perencanaan pembelajaran sesuai modul ajar, menyusun rencana pembelajaran yang terintegrasi, merancang program pembiasaan dan kegiatan berbasis aksi, pembiasaan sikap positif, penerapan program keagamaan dan pembinaan akhlak, penerapan program pembentukan karakter dan kedisiplinan, observasi langsung, memberikan umpan balik/feedback langsung kepada peserta didik, melibatkan orang tua atau wali murid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212209 YULIA ZAINATUS SOFIA |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:57 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |