MELIYANTI AGUSTINA, 126205211043 (2025) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN LIL ALAMIN (P5RA) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MI AL-MA’ARIF GENDINGAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (748kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Agustina, Meliyanti. 2025. Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5RA) Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik MI AL-Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran, Karakter Religius. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi karena kebijakan kurikulum oleh sebab itu pentingnya pembiasaan P5RA dalam membentuk karakter religius peserta didik MI AL-Ma’arif Gendingan, dimana terdapat pengelolaan sekolah dalam mengimplementasikan pembiasaan dengan baik dan benar. Maka dalam hal itu upaya yang dilakukan sekolah adalah melakukan pembiasaan-pembiasaan yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai sehingga pembiasaan P5RA dapat membentuk karakter relegius terhadap peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan dari implementasi (proyek penguatan profil pelajar pancasila Rahamatan Lil Alamin) P5RA dalam membentuk karaktersitik religius peserta didik MI Al-Ma’arif Gendingan. (2) Bagaimana pelaksanaan dari implementasi (proyek penguatan profil pelajar Pancasila Rahmatan Lil alamin) P5RA dalam membentuk karakteristik religius peserta didik MI Al-Ma’arif Gendingan. (3) Bagaimana evaluasi dari implementasi (proyek penguatan profil pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin) P5RA dalam membentuk karakteristik religius peserta didik MI Al-Ma’arif Gendingan. Pendekatan yang dilakukan dalam penulisan skripsi ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik aaanalisis data yaitu melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, tringulasi yang digunakan adalah tringulasi sumber dan jenis penelitian menggunakan fenomenologi. Hasil penelitain skripsi ini adalah (1) Perencanaan P5RA dilakukan oleh kepala madrasah, Perencanaan P5RA ini membentuk tim fasilitator, Perencanaan kegiatan P5RA dilakukan oleh masing-masing guru penanggung jawab. (2) P5RA ini banyak di implementasikan pada kegiatan mengasah bakat peserta didik, P5RA dilaksanakan setiap satu minggu sekali waktu jam pembelajaran, P5RA ini kegiatan pembiasaan Juz Amma dengan metode nahdiyah yang dilaksanakan setiap satu minggu dua kali. Pengaruh dalam pembetukan moral dan kedisiplinan. (3) Evaluasi pembiasaan P5RA dilakukan setiap akhir semester, Evaluasi pembiasaan P5RA di serahkan kepada guru kelas masing-masing sebagai penanggung jawab, Evaluasi membahasa faktor ekternal dan faktor internal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211043 MELIYANTI AGUSTINA |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:03 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 03:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |