ANALISIS PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI GURU SD UNTUK MEMBERIKAN PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB)-B NEGERI TULUNGAGUNG

RAFA RIZKY AFIFAH, 126310212050 (2025) ANALISIS PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI GURU SD UNTUK MEMBERIKAN PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB)-B NEGERI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (627kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Pemenuhan Kebutuhan Informasi Guru SD Untuk Memberikan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB)-B Negeri Tulungagung” ini ditulis oleh Rafa Rizky Afifah, NIM. 126310212050, dengan pembimbing Prisca Budi Juvitasari, M.A. Kata Kunci : Kebutuhan Informasi, Guru, Anak Berkebutuhan Khusus Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa adanya kesenjangan pemenuhan kebutuhan informasi guru terkait strategi dan metode untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Informasi mempunyai peran penting untuk mendukung pekerjaan di dunia pendidik. Namun tidak semua peserta didik mampu menerima dan mengerti terhadap informasi yang terapkan oleh guru. Tujuan penelitian ini yaitu tentang (1) cara guru Sekolah Luar Biasa dalam memenuhi kebutuhan informasinya untuk mendukung proses pembelajaran dikelas; dan (2) hambatan yang dialami oleh guru Sekolah Luar Biasa dalam memenuhi kebutuhan informasinya untuk mendukung proses pembelajaran dikelas. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu untuk memperluas pemahaman berdasarkan fenomena yang diteliti dengan menggunakan pendekatan studi lapangan yaitu untuk mendapatkan data yang bersifat fakta terkait fenomena yang diteliti. Data dikumpulkan dengan teknik observasi di Sekolah SLB-B Negeri Tulungagung terkait pembelajaran di dalam kelas dan teknik wawancara terstruktur menggunakan pedoman wawancara untuk mendapatkan jawaban yang jenuh. Narasumber dalam penelitian ini yaitu 7 guru serta 2 peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan cara pengumpulan dan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB)-B Negeri Tulungagung melakukan pemenuhan kebutuhan informasi dengan pendekatan kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, intergrasi sosial, dan berkhayal untuk mendukung proses pembelajaran yang berupa bahan ajar atau strategi dalam mengajar sudah diterapkan dengan baik. Hambatan dalam penelitian ini ketika guru menemukan informasi sulit untuk diterapkan kepada peserta didiknya. Dan adanya minim kemampuan bahasa isyarat yang dimiliki oleh guru dan peserta didik sehingga terkadang terjadi kesalahpahaman ketika proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310212050 RAFA RIZKY AFIFAH
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:30
Last Modified: 01 Aug 2025 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60266

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item