STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MI IRSYADUT THOLIBIN TUGU REJOTANGAN TULUNGAGUNG

TUBERNIA NINDYAH SARTIWI, 2817133193 (2017) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MI IRSYADUT THOLIBIN TUGU REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Coverr.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Peserta Didik di MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Tubernia Nindyah Sartiwi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM: 2817133193 Tahun 2017 dibimbing oleh Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci: Strategi, Penanaman, Akhlaqul Karimah Penanaman akhlak dapat diartikan sebagai usaha sungguh-sungguh dalam rangka membentuk kepribadian manusia dengan menggunakan sarana pendidikan dan pembinaan yang terprogram dengan baik serta dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan konsisten. Pada kenyataannya diantara siswa-siswi yang kurang menerapkan akhlaqul karimah terbawa oleh suatu golongan atau memang mereka tidak di didik sedari kecil untuk membiasakan berperilaku akhlaqul karimah. Seperti contoh, tawuran antar teman, tidak berkata sopan kepada guru, melanggar peraturan sekolah Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan sopan santun peserta didik di MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung? 2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan kejujuran peserta didik di MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung? 3) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan tanggung jawab peserta didik di MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai sopan santun, kejujuran dan tanggung jawab peserta didik di MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi di MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung. Data yang kami dapatkan dari kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan analisis data penelitian menemukan yaitu: 1) Dalam menanamkan Sopan Santun, strategi Guru Akidah Akhlak di MI Irsyadut Tholibin adalah memberikan penjelasan dan selalu memberikan nasehat kepada peserta didik utamanya pada saat proses pembelajaran, memberikan teladan kepada seluruh peserta didik seperti pada saat bapak ibu guru mengajar atau berbicara kepada peserta didik menggunakan bahasa yang baik dan sopan, menyuruh untuk membudayakan gerakan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) kepada semua warga sekolah. 2) Dalam menanamkan Kejujuran, strategi Guru Akidah Akhlak di MI Irsyadut Tholibin adalah memberikan motivasi untuk bersikap jujur karena bersikap jujur merupakan salah satu cara untuk meneladani sifat Rasulullah, memantau dan memberikan pengawasan peserta didik dalam kewajibannya. Dan melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru harus dikerjakan dengan baik. Tidak mencontek pekerjaan teman, tidak membuka buku paket atau pun LKS 3) Dalam menanamkan Tanggung Jawab, strategi Guru Akidah Akhlak di MI Irsyadut Tholibin adalah guru memberikan teladan atau contoh bertanggung jawab, menceritakan kisah-kisah Nabi atau sahabat Nabi tentang sifat tanggung jawab, memantau dan membina (mendampingi) peserta didik secara langsung. Dan memberikan peringatan bahkan hukuman kepada peserta didik, jika ada peserta didik yang ketahuan tidak melaksanakan tanggung jawabnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133193 TUBERNIA NINDYAH SARTIWI
Date Deposited: 13 Sep 2017 07:00
Last Modified: 13 Sep 2017 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6033

Actions (login required)

View Item View Item