DEVI NUR KHOERUNNISA, 126211213043 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN APLIKASI PLICKERS TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
Cover.pdf Download (800kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Aplikasi Plickers Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 5 Tulungagung” ditulis oleh Devi Nur Khoerunnisa, NIM. 126211213043, Program Studi Tadris Fisika, yang dibimbing oleh Ibu Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Team Games Tournament, Plickers, Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar Rendahnya sikap kolaboratif dan hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh berbagai faktor dalam proses pembelajaran. Kurangnya kesempatan bekerja dalam kelompok, dominasi tugas individu, serta penilaian yang lebih berfokus pada hasil individu menyebabkan rendahnya keterampilan kolaborasi siswa. Selain itu, hasil belajar yang rendah disebabkan oleh distraksi antar siswa dan kurangnya keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat mengoptimalkan keterampilan kolaborasi dan meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan aplikasi Plickers. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan aplikasi Plickers terhadap keterampilan kolaborasi siswa, 2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan aplikasi Plickers terhadap hasil belajar siswa, 3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan aplikasi Plickers terhadap keterampilan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa sejumlah 180 siswa kelas VIII MTsN 5 Tulungagung dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga sampel penelitian adalah kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Mann-Whitney, dan uji Kruskall-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan aplikasi Plickers terhadap keterampilan kolaborasi siswa berdasarkan uji Mann-Whitney dengan nilai asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan aplikasi Plickers terhadap hasil belajar siswa berdasarkan uji Mann-Whitney dengan nilai asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan aplikasi Plickers terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa berdasarkan uji Kruskall-Wallis dengan nilai asymp. Sig. sebesar 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211213043 DEVI NUR KHOERUNNISA |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:27 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |