ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSN 1 KOTA BLITAR

ASNA AZIZATUR ROHMAH, 126211202040 (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (490kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (507kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Asna Azizatur Rohmah, 126211202040, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar” Skripsi, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Gaya Belajar, Tahap Polya Kemampuan pemecahan masalah fisika menjadi salah satu fokus pada proses pembelajaran fisika di MTsN 1 Kota Blitar. Peneliti menemukan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal fisika mulai dari menganalisis dan mengevaluasi soal. Salah satu cara agar peserta didik dapat memecahkan masalah fisika dengan baik adalah dengan memberikan keleluasan kepada peserta didik dalam mengeksplor gaya belajar masing-masing. Dengan begitu nantinya akan terlihat bagaimana kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki dari setiap gaya belajar siswa mulai dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan menerapkan kemampuan pemecahan masalah dengan tahapan polya, mulai dari memahami masalah, membuat perencanaan, melaksanakan rancangan, dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisa. Dan jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi, dimana peneliti murni lebih terpusat pada penggambaran (deskripsi) daripada penjelasan atas semua hal, akan tetapi tetap terpusat sudut pandang yang bebas dari hipotesis ataupun praduga. Adapun subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII G yang nantinya diambil 6 orang untuk dikaji lebih lanjut terkait kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki. Data yang diperoleh merupakan data hasil tes dan wawancara. Analisis dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarka hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi keempat tahap polya mulai dari memahami masalahxv (P1) dengan membaca soal berkali-kali didalam hati, merencanakan pemecahan (P2) dengan menuliskan rumus dengan baik, menyelesaikan masalah (P3) dengan benar, dan memeriksa kembali (P4) pada setiap apa yang dikerjakan meski terkadang lupa belum memberikan kesimpulan. Siswa dengan gaya belajar auditori, Siswa 1 memenuhi tahapan polya mulai dari merencanakan pemecahan (P2) dan menyelesaikan masalah (P3). Dan untuk Siswa 2 mampu memenuhi tahapan mulai dari memahami masalah (P1), merencanakan pemecahan (P2), menyelesaikan masalah (P3) meskipun kurang sempurna. Siswa dengan gaya belajar auditori sama-sama memahami masalah dengan membaca sedikit keras agar dapat didengarkan sendiri dan cenderung lebih suka menyelesaikan masalah dengan berdiskusi. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 3 tahapan polya mulai dari memahami masalah (P1) bersamaan dengan melakukan gerakan yang aktif seperti mengetuk bolpoin dimeja atau berjalan-jalan didalam kelas, merencanakan pemecahan masalah (P2) yang terkadang bisa kadang juga tidak, menyelesaikan masalah (P3) dengan aktif bergerak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202040 ASNA AZIZATUR ROHMAH
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:31
Last Modified: 04 Aug 2025 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60335

Actions (login required)

View Item View Item