ELMI NUR HAYATI, 126307213076 (2025) SOSIO-HISTORIS PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL HIKAM DI DESA MAYANGAN NGANTRU TULUNGAGUNG 1959-2004. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang jejak, periode 1959-2004, dan kontribusi Pondok Pesantren Roudlotul Hikam yang terletak di Desa Mayangan, Ngantru, Tulungagung, pada tahun 1959 hingga tahun 2004. Pondok Pesantren Roudlotul Hikam merupakan lembaga pendidikan Islam tradisional (salafiyah) yang berperan penting dalam pembentukan karakter, pendidikan agama, serta pemberdayaan masyarakat sekitar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah pertama, menjejak Pondok pesantren Roudlotul Hikam. Kedua, bagaimana Pondok Pesantren Roudlotul Hikam Mayangan periode 1959-200. Ketiga, bagaimana kontribusi Pondok Pesantren Roudlotul Hikam pada masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jejak berdirinya pesantren, proses pondok pesantrenh dalam periode 1959-2004, serta kontribusinya dalam bidang agama, sosial, pendidikan, dan ekonomi bagi masyarakat sekitar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah, yang meliputi tahapan heuristic (pengumpulan data), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan sejarah). Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Pondok Pesantren Roudlotul Hikam didirikan atas inisiatif Kiai Hasan Maklum dan berkembang pesat di bawah kepemimpinan Kiai Miftah Mahfudh pada tahun 1994. Kedua, pesantren ini menggunakan strategi dakwah melalui metode ummi dan iqro’ dalam pembelajaran AlQur’an, sehingga mampu menarik minat santri dari berbagai kalangan. Ketiga, selain berperan sebagai pusat pendidikan agama, pesantren juga aktif dalam kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat, seperti pengajian rutin dan pemberdayaan ekonomi. Dengan demikian, Pondok Pesantren Roudlotul Hikam tidak hanya menjadi lembaga pendidikan, tetapi juga agen perubahan sosial di lingkungan sekitarnya. Kata Kunci: Roudlotul Hikam, Sejarah, Perkembangan, Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Sejarah Peradaban Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sejarah Peradaban Islam |
Depositing User: | 126307213076 ELMI NUR HAYATI |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:17 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |