IMPLEMENTASI SHOLAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS PESERTA DIDIK Di MTSN 5 KEDIRI

SONIA NUR FADILA, 126201213277 (2025) IMPLEMENTASI SHOLAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS PESERTA DIDIK Di MTSN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (799kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Sholat Dhuha Dalam Meningkatkan Sikap Religius Peserta Didik Di MTsN 5 Kediri” ini ditulis oleh Sonia Nur Fadila, NIM 126201213277, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Muhammad Sulthon Aziz, Lc., M.H. Kata Kunci: Implementasi, Sholat Dhuha, Sikap religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembentukan karakter religius anak yang dipengaruhi oleh pola asuh orang tua serta lingkungan keluarga dan pendidikan. Nilai religius, seperti kejujuran, kedisiplinan, dan ibadah, penting ditanamkan sejak dini karena menjadi dasar dalam pembentukan akhlak, moral, dan pola pikir anak. Orang tua berperan sebagai teladan utama dalam menumbuhkan sikap religius yang dapat membentuk kepribadian anak yang baik. Observasi awal pada 15 Oktober 2024 menunjukkan sikap religius peserta didik berupa kejujuran dan kedisiplinan, yang tercermin dalam kejujuran membawa buku saku "Mutiara Hati", kedisiplinan dalam membawa buku tersebut setiap hari, tanggung jawab atas pelanggaran seperti tidak membawa buku atau datang terlambat yang dikenai sanksi, serta kedisiplinan dalam masuk kelas tepat waktu, terutama pada jam pertama. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan sholat dhuha dalam meningkatkan sikap religius peserta didik di MTsN 5 Kediri. (2) Untuk mengetahui implementasi sholat dhuha dalam meningkatkan sikap religius peserta didik di MTsN 5 Kediri. (3) Untuk mengetahui evaluasi sholat dhuha dalam meningkatkan sikap religius peserta didik di MTsN 5 Kediri. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data primer berasal dari hasil wawancara dan observasi kegiatan sholat dhuha di MTsN 5 Kediri, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumentasi kegiatan sholat dhuha. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga validitas data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu dengan membandingkan data dari berbagai sumber dan metode yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Program sholat dhuha dirancang oleh Tim Keagamaan untuk membentuk sikap religius siswa, disepakati melalui rapat dan mempertimbangkan kesiapan siswa, sarana, dan jadwal. Mulai rutin dilaksanakan sejak 2024 di Sport Center agar bisa diikuti seluruh siswa. (2) Dilaksanakan setiap pagi sebelum pembelajaran, diikuti oleh semua siswa dan guru secara berjamaah di Sport Center. Nuansa kebersamaan dan kekhusyukan dijaga, serta kendala seperti cuaca diantisipasi dengan solusi fleksibel. (3) Evaluasi dilakukan secara berkala oleh Tim Keagamaan dan harian oleh Tim Kesiswaan. Fokus evaluasi mencakup kedisiplinan, kelengkapan ibadah, dan partisipasi siswa, guna memastikan keberlangsungan dan dampak program.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Fiqih > Sholat
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213277 SONIA NUR FADILA
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:52
Last Modified: 04 Aug 2025 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60362

Actions (login required)

View Item View Item