PENGARUH MEDIA LIRIK LAGU TERHADAP ANTUSIASME DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MAN 4 JOMBANG

AZIZATUN NURRONIYAH, 126201211008 (2025) PENGARUH MEDIA LIRIK LAGU TERHADAP ANTUSIASME DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (738kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Lirik Lagu Terhadap Antusiasme dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MAN 4 Jombang” yang di tulis oleh Azizatun Nurroniyah, NIM. 126201211008, dosen pembimbing Evy Ramadina, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: media lirik lagu, antusiasme, dan hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusiasme dan hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penerapan pembelajaran berdeferensiasi dan minimnya pemanfaatan media pembelajaran yang bervariasi sehingga peserta didik lebih cepat merasa bosan dan kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Media lirik lagu merupakan salah satu media pembelajaran yang mampu mengajak peserta didik lebih aktif didalam kelas dan mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menarik.Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh penggunaan media lirik lagu terhadap antusiasme belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas X MAN 4 Jombang. (2) mengetahui penggunaan media lirik lagu terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas X MAN 4 Jombang. (3) mengetahui penggunaan media lirik lagu terhadap antusiasme dan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas X MAN 4 Jombang.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Menggunakan teknik purposive sampling dan desain penelitian yaitu quasi eksperimental design berupa pre-post test control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 4 Jombang tahun pelajaran 2024/2025 yang terdiri dari 16 kelas dan berjumlah 544 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas X-M sebagai kelas eksperimen dan kelas X-K sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan media lirik lagu terhadap antusiasme peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam MAN 4 Jombang dengan nilai signifikansi sebesar 0,021 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan media lirik lagu terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam MAN 4 Jombang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan media lirik lagu terhadap antusiasme dan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam MAN 4 Jombang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201211008 AZIZATUN NURRONIYAH
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:41
Last Modified: 05 Aug 2025 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60367

Actions (login required)

View Item View Item