RATNA KUMALASARI, 126212211026 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI PADA MATERI KOLOID. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI pada Materi Koloid” ini ditulis oleh Ratna Kumalasari, NIM. 126212211026, dengan pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Literasi Sains, Koloid. Rendahnya tingkat kemampuan literasi sains siswa dapat memberikan dampak negatif dalam proses pembelajaran, terutama dalam memahami materi. Kesulitan dalam pemahaman materi juga menunjukan perlunya model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Model Project Based Learning (PjBL) dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dengan menghubungkan informasi dan penyelesaian masalah melalui proyek yang sesuai dengan kehidupan nyata. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) pada kemampuan literasi sains siswa kelas XI dalam materi koloid; 2) untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam materi koloid; 3) untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains siswa dalam materi koloid. Penelitian ini mengunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimental design yaitu Non-equivalent control group design, dengan populasi penelitian dari peserta didik kelas XI peminatan IPA yang berjumlah 175. Sampel pada penelitain ini yaitu siswa kelas XI A dan XI B yang diperoleh melalui Non-Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Instrument yang digunakan berupa soal tes dan angket respon siswa untuk memperoleh data kemampuan literasi sains siswa dan respon siswa terhadap penerapan model Project Based Learning (PjBL), dengan teknik analisis data berupa statistika deskriptif dan statistika non-parametrik pada uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa: 1) Ada pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas XI pada materi koloid didasarkan hasil uji statistik Mann-Whitney memiliki Asymp. Sig. (2-tailed) ≤ 0,05 yaitu, 0,007 dan rata-rata nilai post-test siswa lebih besar dibandingkan dengan nilai pre-test siswa 2) Berdasarkan profil kemampuan literasi menunjukan presentase tertinggi hasil kemampuan literasi sains terdapat pada indikator fenomena ilmiah dalam aspek literasi pengetahuan dengan presentase kelas kontrol sebesar 82% dan kelas eksperimen sebesar 92%. 3) Berdasarkan hasil angket respon siswa, menunjukan respon positif terhadap penerapan model Project Based Learning (PjBL) dan penerapan model Project Based Learning (PjBL) mampu meningkatkan pemahaman siswa dan keberanian siswa dalam menanggapi pendapat teman, serta terlihat aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212211026 RATNA KUMALASARI |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:29 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60379 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI PADA MATERI KOLOID. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI PADA MATERI KOLOID. (deposited 04 Aug 2025 06:29) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |