THE CORRELATION BETWEEN ENGLISH WEBTOONS READING HABIT AND ENGLISH SPEAKING SKILLS OF THE SEVENTH GRADE STUDENTS AT MTSN 1 KOTA BLITAR

WAHYU VINIDA FRESHANTIE, 126203212126 (2025) THE CORRELATION BETWEEN ENGLISH WEBTOONS READING HABIT AND ENGLISH SPEAKING SKILLS OF THE SEVENTH GRADE STUDENTS AT MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Freshantie, Wahyu Vinida. NIM. 126203212126. 2025. The Correlation Between English Webtoons Reading Habit and English Speaking Skills of The Seventh Grade Students at MTsN 1 Kota Blitar. Skripsi. Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. Nursamsu, M.Pd. Kata kunci: Korelasi, Keterampilan Berbicara, Keterampilan Membaca, Kebiasaan, Webtoon Membaca webtoon dapat menjadi latihan yang berguna bagi siswa di era ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka dalam bahasa Inggris. Banyak pelajar Indonesia berjuang dengan kemampuan bahasa Inggris mereka termasuk keterampilan berbicara, mereka perlu lebih banyak berlatih dalam berbicara. Dalam hal ini, aplikasi Webtoon memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk meningkatkan kemampuan membaca mereka, tidak hanya dalam bahasa Inggris tetapi Webtoon juga menyediakan berbagai bahasa lain seperti Mandarin (sederhana dan tradisional), Thailand, Prancis, Spanyol dan Jerman. Melalui membaca, keterampilan bahasa Inggris lainnya seperti berbicara akan meningkat, mengingat percakapan sederhana pada tingkat tertentu sering ada di berbagai komik Webtoon tergantung pada genrenya. Genre action atau Sci-fi sering menggunakan istilah yang membuat pembaca bingung dan penasaran, sehingga mereka akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan darinya. Webtoon juga dapat diakses kapan saja melalui smartphone mereka, yang banyak orang bahkan generasi muda membawanya ke mana-mana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kebiasaan siswa dalam membaca Webtoon bahasa Inggris dengan kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka. Penelitian ini menerapkan penelitian kuantitatif dengan desain teknik korelasional. Sampel penelitian ini adalah 73 siswa kelas tujuh yang dipilih dengan purposive sampling atau teknik non-random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk menemukan minat siswa dalam membaca Webtoon bahasa Inggris dan tes berbicara untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berbicara. 30 soal pilihan ganda berupa 5 skala Likert digunakan dalam kuesioner, sedangkan tes diambil dari rubrik penilaian yang terdiri dari lima komponen: kefasihan, pengucapan, akurasi, kejelasan, dan keterampilan kinerja. Penelitian ini menggunakan Koefisien Korelasi Peringkat Spearman untuk menganalisis data. Berdasarkan analisis penelitian, ditemukan bahwa sig adalah 0,026 < 0,05. Artinya, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hasil perhitungan Koefisien Korelasi Peringkat Spearman memperoleh nilai korelasi 0,261, berdasarkan tabel klasifikasi oleh Guilford pada Korelasi Positif Rendah. Dengan demikian, ada korelasi antara membaca Webtoon bahasa Inggris dengan kemampuan komunikasi bahasa Inggris siswa kelas tujuh di MTsN 1 Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 126203212126 WAHYU VINIDA FRESHANTIE
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:17
Last Modified: 04 Aug 2025 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60402

Actions (login required)

View Item View Item