PENGEMBANGAN MEDIA MAZE LABYRINTH SMART SYMBOLIC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA DARUL ULUM JOMBANG

ANA NURUL AINI, 126206212031 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MAZE LABYRINTH SMART SYMBOLIC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA DARUL ULUM JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (677kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (465kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Maze Labyrinth Smart Symbolic dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun di RA Darul Ulum Jombang” ini ditulis oleh Ana Nurul Aini, NIM. 126206212031. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Media Maze, Kemampuan Berpikir Simbolik, Anak Usia 4-5 Tahun. Penelitian ini dilatarbelakangi konsep belajar sambil bermain dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan informatif untuk meningkatkan perkembangan anak usia dini. Kurangnya media pembelajaran dalam memberikan materi pada anak dapat menghambat proses belajar anak, sehingga anak akan mudah bosan. Media maze yang bernama labyrinth smart symbolic mencakup berbagai simbol geometri, angka, dan huruf dengan desain yang menarik sehingga memudahkan pendidik dalam memberikan stimulasi dan pembelajaran pada perkembangan berpikir simbolik anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui bagaimana pengembangan media maze labyrinth smart symbolic dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun di RA Darul Ulum Jombang. 2) mengetahui kelayakan media maze labyrinth smart symbolic dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak. 3) mengetahui kepraktisan media maze labyrinth smart symbolic dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak. 4) Mengetahui keefektifan penggunaan media maze labyrinth smart symbolic dalam membantu meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak pada usia 4-5 tahun di RA Darul Ulum Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan model penelitian ADDIE. Model ADDIE meliputi 5 tahap yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap pertama yakni menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada lembaga, lalu mendesain produk. Produk yang telah dibuat, selanjutnya akan divalidasi oleh dosen ahli materi dan ahli media. Untuk mengetahui kepraktisan produk dilakukan validasi oleh pendidik dengan menggunakan angket. Tahap uji coba dilakukan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dimulai dari analisa kebutuhan, validasi instrumen dan produk yang dilakukan oleh dosen ahli, validitas dianalisis menggunakan uji normalitas dan reliabilitas alpha cronbach’s. Kepraktisan produk menggunakan angket dengan skala likert. Keefektifan produk dianalisis menggunakan uji independent sample test, dan uji effect size cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media maze labyrinth smart symbolic dikembangkan dari maze worksheet menjadi media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan lembaga dalam mengembangkan kemampuan berpikir simbolik anak, 2) kelayakan media maze labyrinth smart symbolic pada ahli materi mendapatkan hasil 87,7% dengan kategori sangat layak, sedangkan ahli media mendapatkan hasil 79,1% dengan kategori layak, 3) kepraktisan media maze labyrinth smart symbolic mendapatkan hasil 92,5% dengan kategori sangat praktis, 4) keefektifan media labyrinth smart symbolic yang diujikan pada kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan hasil 89% dengan kategori sangat efektif. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media maze labyrinth smart symbolic dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206212031 ANA NURUL AINI
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:41
Last Modified: 04 Aug 2025 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60407

Actions (login required)

View Item View Item