FIFI ELYDATUL MUFIDAH, 126212212037 (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN EDPUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM-BASA MAN 2 MOJOKERTO. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (831kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (548kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (866kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (954kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep kimia yang kompleks, khususnya pada materi asam-basa, berkaitan dengan kurangnya penerapan model pembelajaran yang mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis. Model pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat siswa berperan sebagai pendengar pasif, sehingga mereka tidak terbiasa mengajukan pertanyaan, menganalisis informasi, atau memecahkan masalah secara mandiri. Kondisi ini berdampak pada rendahnya hasil belajar karena siswa tidak memiliki kesempatan yang cukup untuk melatih keterampilan berpikir kritis yang sangat dibutuhkan dalam memahami konsep-konsep kimia yang abstrak dan memecahkan persoalan yang memerlukan penalaran logis. Penerapan model discovery learning menawarkan peluang bagi siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran melalui eksplorasi, investigasi, dan penemuan konsep secara mandiri. Integrasi edpuzzle sebagai alat pembelajaran berbasis video interaktif memperbanyak pengalaman belajar dengan memberikan umpan balik real-time, memungkinkan siswa merefleksikan pemahaman mereka. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan edpuzzle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam-basa MAN 2 Mojokerto. (2) Untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan edpuzzle terhadap kemampuan hasil belajar siswa pada materi asam-basa MAN 2 Mojokerto. (3) Untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan edpuzzle terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi asam-basa MAN 2 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen (eksperimen semu) menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini mencakup peserta didik kelas XI IPA di MAN 2 Mojokerto, yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas XI IPA A2 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas XI IPA A3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan pertimbangan guru mata pelajaran yaitu kemampuan yang sama. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa dan essai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji T (independent sample t-test) dan uji manova. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan edpuzzle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam-basa MAN 2 Mojokerto dengan analisis data yang telah dilaksanakan memperoleh nilai signifikansi Sig (2-tailed) sebesar 0,002<0,005. (2) Terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan edpuzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi asam-basa MAN 2 Mojokerto dengan analisis data yang telah dilaksanakan memperoleh nilai signifikansi Sig (2-tailed) sebesar 0,049<0,005. (3) Terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan edpuzzle terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi asam-basa MAN 2 Mojokerto dengan analisis data yang telah dilaksanakan memperoleh nilai signifikansi Sig (2-tailed) kemampuan berpikir kritis sebesar 0,002<0,005 dan hasil belajar sebesar 0,049<0,005.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212212037 FIFI ELYDATUL MUFIDAH |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:21 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60433 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |