PERAN DIGITALISASI LAKU PANDAI BSI DALAM MENINGKATKAN LAYANAN TRANSAKSI KEPADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI NGANJUK

NEVI OKTAVIA, 126401211043 (2025) PERAN DIGITALISASI LAKU PANDAI BSI DALAM MENINGKATKAN LAYANAN TRANSAKSI KEPADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (679kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Peran Digitalisasi Laku Pandai BSI Dalam Meningkatkan Layanan Transaksi Kepada Nasabah Bank Syariah Indonesia di Nganjuk” ditulis oleh Nevi Oktavia, NIM. 126401211043, dengan pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Kata Kunci : Laku pandai BSI, Nasabah, Digital, Bank Syariah Indonesia (BSI). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidaksesuaian antara harapan masyarakat terhadap layanan perbankan digital dan kenyataan yang masyarakat hadapi dalam penggunaan laku pandai BSI. Meskipun layanan laku pandai dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan transaksi bagi masyarakat, banyak nasabah yang mengalami kesulitan dalam mengadopsi teknologi digital. Situasi ini diperparah oleh rendahnya tingkat literasi digital di kalangan masyarakat di Nganjuk, yang dapat menghambat inklusi keuangan. Selain itu, kekhawatiran mengenai keamanan dan keandalan sistem digital juga menjadi faktor yang mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap layanan perbankan syariah berbasis digital.Fokus penelitian dari skripsi adalah (1) Bagaimana implementasi laku pandai BSI dalam meningkatkan kemudahan layanan perbankan Syariah bagi masyarakat di Nganjuk? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi oleh laku pandai BSI dalam menerapkan layanan digitalisasi perbankan?.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang berasal dari hasil wawancara dengan Staf BSI, pemilik agen dan nasabah, serta data sekunder yang berasal dari sumber tertulis. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara langsung dengan informan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Laku Pandai BSI dalam meningkatkan layanan perbankan syariah di Kabupaten Nganjuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan ini berhasil memperluas akses keuangan syariah melalui jaringan agen yang tersebar, tetapi masyarakat masih menghadapi tantangan signifikan dalam adopsi teknologi digital. Temuan utama mengungkapkan (1) rendahnya literasi digital di kalangan nasabah menjadi penghambat utama pemanfaatan layanan (2) keamanan transaksi digital berdampak pada rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat. Di sisi lain, penelitian juga mengidentifikasi faktor pendukung seperti komitmen BSI dalam memberikan pelatihan kepada agen, sosialisasi produk. perlunya program edukasi digital yang lebih intensif, penguatan sistem keamanan transaksi, serta optimalisasi infrastruktur pendukung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 126401211043 NEVI OKTAVIA
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:12
Last Modified: 06 Aug 2025 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60456

Actions (login required)

View Item View Item