JUNAIDI, 12950121045 (2025) MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI LOMBOK. [ Disertasi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Disertasi dengan judul Manajemen Mutu Pembelajaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat. ditulis oleh Junaidi dengan Promotor I: Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. dan Promotor II: Prof. Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Mutu Pembelajaran dan Daya Saing Kondisi lembaga pendidikan swasta yang memiliki perencanaan mutu pembelajaran yang baik dan mempunyai keunggulan daya saing yang dimulai dari rencana, pelaksanaan dan dampak yang nyata bagi lembaga pendidikan. Untuk itu, diperlukan manajemen mutu pembelajaran yang baik dan terstruktur dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya, sehingga dapat bersaing lebih baik dengan lembaga pendidikan lainnya dalam kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan; 1) perencanaan mutu pembelajaran dalam meningkatkan daya saing sekolah di MI Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat; 2) implementasi mutu pembelajaran dalam meningkatkan daya saing sekolah di MI Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat; dan 3) implikasi mutu pembelajaran dalam meningkatkan daya saing sekolah di MI Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan naturalistik dan interpretatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data secara berulang-ulang melalui analisis situs tunggal dan lintas situs dengan teknik Kondensasi Data (Data condensation), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan data melalui kredibilitas, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan mutu pembelajaran meliputi; perencanaan mutu pembelajaran berbasis religius, akademik dan non akademik yang menjadi khas madrasah; (2) Implementasi mutu pembelajaran berbasis religius, akademik dan non akademik ; (3) implikasi mutu pembelajaran dalam meningkatkan animo masyarakat, kesejahteraan guru, berdaya saing akademik dan nonxiii akademik. Penelitian ini menemukan “Kolaboratif Integratif Learning Khas Madrasah Dalam Mewujudkan Mutu Pembelajaran Berdaya Saing Madrasah
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim |
Depositing User: | 12950121045 JUNAIDI |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:32 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60486 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |