REZA JULIA HERNANDA, 126205211059 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POP UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MATERI EKOSISTEM DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (683kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul ”Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop Up Book Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Materi Ekosistem di MIN 1 Tulungagung” ditulis oleh Reza Julia Hernanda, NIM 126205211059. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Penulisan skripsi ini dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd. AIFO Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pop Up Book, Materi Ekosistem Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar, khususnya dalam memahami konsep ekosistem yang bersifat abstrak. Proses pembelajaran di kelas masih menggunakan metode ceramah dan buku LKS. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi ekosistem. Peneliti mengembangkan media pembelajaran pop up book pada mata pelajaran IPAS materi ekosistem di kelas V MIN 1 Tulungagung Tujuan penelitian diharapkan mampu mengetahui desain pengembangan media pembelajaran pop up book pada mata pelajaran IPAS kelas V materi ekosistem, mampu mengetahui proses pengembangan media dan mengetahui efektifitas pada pengembangan media pop up book pada mata pelajaran IPAS kelas V materi ekosistem di MIN 1 Tulungagung Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang terbagi menjadi beberapa tahapan antara lain penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, validasi produk, revisi validasi produk, uji coba kelompok kecil, revisi produk hasil uji coba kelompok keci, uji coba kelompok besar dan penyempurnaan produk. Subjek uji coba dari penelitian ini yaitu siswa kelas V di MIN 1 Tulungagung sejumlah 28 siswa Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Desain pengembangan media pembelajaran diawali dengan pembuatan storyboard yang bertujuan untuk memudahkan peneliti untuk membuat produk yang ditampilkan pada setiap halaman pop up book secara terstruktur. (2) Proses pengembangan media yaitu hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media Pop Up Book sangat layak digunakan dengan skor rata-rata di atas kriteria baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi ekosistem. (3) Hasil efektivitas media pembelajaran pop up book menggunakan pada hasil uji normalitas dapat diketahui dengan menggunakan One Sample ShapiroWilk test untuk Aymp Sig (2-tailed) menunjukkan dengan taraf signifikan 0,05. Maka pada uji normalitas 0,200 > 0,05. Maka hasil data tersebut dapat dinyatakan berdistribusi normal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211059 REZA JULIA HERNANDA |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 04:10 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 04:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60501 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |