PENGARUH SELEBRITI ENDORSEMENT TASYA FARASYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE TASYA FARASYA APPROVED

LANA ZAHWATUN NAJA, 126304213187 (2025) PENGARUH SELEBRITI ENDORSEMENT TASYA FARASYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE TASYA FARASYA APPROVED. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Selebriti Endorsement Tasya Farasya Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Tasya Farasya Approved” ini ditulis oleh Lana Zahwatun Naja, NIM. 126304213187, dengan pembimbing Ucik Ana Fardila, S.Si., M.Ikom. Kata Kunci: Endorsement, Influencer, Keputusan Pembelian, Tasya Farasya, Skincare Tasya Farasya Approved, Pemasaran Online Penggunaan skincare telah menjadi tren di kalangan wanita masa kini. Skincare dipromosikan secara luas di platform media sosial, sehingga memudahkan konsumen untuk memahami kandungan dan manfaatnya. Logo approved yang digunakan oleh Tasya Farasya sebagai beauty influencer ternama meningkatkan penjualan skincare yang direview olehnya. Bahkan ada beberapa skincare di Indonesia memiliki label Tasya Farasya Approved untuk menandai bahwa skincare tersebut sudah diuji coba dan diulas secara positif oleh seoran Tasya Farasya. Hal ini menjadikan skincare yang berlabel Tasya Farasya Approved penjualannya meningkat dari apa yang telah dipersuasikan oleh Tasya Farasya melalui sosial media tiktok maupun Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh selebriti endorsement Tasya Farasya terhadap keputusan pembelian skincare Tasya Farasya Approved. Pengkajian penelitian ini menggunakan aspek pemasaran yaitu endorsment yang meliputi aspek kredibilitas, daya tarik, dan kekuatan, serta copy testing melalui dimensi kognitif, afektif, dan konatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah selebriti endorsment Tasya Farasya Approved, sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian skincare Tasya Farasya Approved. Endorsment yang dilakukan oleh Tasya Farasya memberikan daya tarik dalam segi popularitas sebagai beauty influencer sebesar 98,1%. Uji kualitas yang dilakukan oleh pengguna skincare Tasya Farasya Approved memiliki tingkat perhatian sebesar 91,9% terhadap promosi yang dilakukan oleh Tasya Farasya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif asosiatif dengan 153 responden yang pernah menggunakan skincare Tasya Farasya Approved. Tenik Penelitian ini menggunakan pengumpulan data melalui kuesioner online. Pengolahan data hasil sebaran kuesioner dalam penelitian ini diolah menggunakan SPSS Versi 26. Koefisien diterminasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa R Square memiliki nilai 0,620 yang menunjukkan bahwa Selebriti Endorsment Tasya Farasya memberikan kontribusi atau pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Skincare Tasya Farasya Approved sebesar 62%. Pengujian Hipotesis (Uji T) penelitian ini memaparkan bahwa T hitung lebih besar dari T tabel yaitu 15,784 > 1,655. Pengujian ini memaparkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat diartikan dengan adanya pengaruh positif selebriti endorsment Tasya Farasya terhadap keputusan pembelian Skincare Tasya Farasya Approved. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan selebriti endorsement Tasya Farasya dapat meningkatkan keputusan pembelian skincare Tasya Farasya Approved. Oleh karena itu, perusahaan skincare dapat mempertimbangkan penggunaan selebriti endorsement sebagai strategi komunikasi pemasaran yang efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304213187 LANA ZAHWATUN NAJA
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:02
Last Modified: 05 Aug 2025 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60528

Actions (login required)

View Item View Item