Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Trigonometri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIA MAN Wlingi

HABIB MUHAMMAD ALA'RAF, 2814133075 (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Trigonometri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIA MAN Wlingi. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Trigonometri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIA MAN Wlingi” ini ditulis oleh Habib Muhammad Ala’raf, NIM. 2814133075, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi dan informasi di era globalisasi. Hal ini berdampak besar terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Pengaruh perkembangan teknologi dan informasi dalam proses pembelajaran yaitu pada inovasi pengembangan media pembelajaran yang lebih menarik. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti ketika pembelajaran berlangsung di kelas, aktifitas siswa masih terlihat pasif. Hal ini disebabkan karena siswa tidak aktif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru ketika pembelajaran berlangsung, sehingga hasil belajar siswapun belum maksimal. Selain itu, pemanfaatan media pembelajaran belum dimaksimalkan. Untuk itu, perlu adanya media pembelajaran agar siswa lebih mandiri dan lebih aktif ketika pembelajaran berlangsung agar hasil belajar yang diperoleh siswa dapat maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Lectora Inspire pada materi Trigonometri untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MIA MAN Wlingi yang valid, praktis, dan efektif ? Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Lectora Inspire pada materi Trigonometri untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MIA MAN Wlingi yang valid, praktis, dan efektif. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yang prosesnya bersifat deskriptif. Dalam pengembangan media, digunakan langkah-langkah yang diadaptasi dari Borg dan Gall yang terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi produk, revisi hasil validasi produk, uji coba lapangan skala kecil, revisi hasil uji coba lapangan skala kecil, uji coba lapangan skala besar, penyempurnaan produk akhir, diseminasi. Setelah melakukan penelitian, diperoleh analisis data sebagai berikut. Hasil validasi ahli media diperoleh media sebesar 3,42. Hasil validasi ahli materi diperoleh materi sebesar 3,30. Hasil validasi soal post test diperoleh post test sebesar 3,43. Hasil validasi angket respon siswa diperoleh angket respon siswa sebesar 3,40. Hasil validasi lembar observasi aktivitas siswa diperoleh lembar observasi sebesar 3,57. Berdasarkan kelima hasil validasi tersebut, media Lectora Inspire yang digunakan telah valid sesuai dengan kriteria kevalidan. Hasil analisis kepraktisan yang didapat dari para validator pada angket validasi, diperoleh bahwa media Lectora Inspire yang digunakan telah praktis sesuai dengan kriteria kepraktisan. Hasil analisis keefektifan diperoleh rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media Lectora Inspire telah memenuhi kriteria positif. Hal ini berdasarkan pada nilai rata-rata pada uji coba lapangan yaitu sebesar 80,06 %. Begitu juga pada hasil observasi aktifitas siswa ketika pembelajaran menggunakan media Lectora Inspire telah memenuhi kriteria sangat baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata observasi aktifitas siswa pada setiap pertemuan yaitu sebesar 89,99 %. Sedangkan pada nilai post test, 30 dari 37 siswa memperoleh nilai . Hal ini menunjukkan bahwa, 81,08 % dari seluruh siswa yang menggunakan media Lectora Inspire telah memenuhi kriteria ketuntasan pembelajaran. Berdasarkan analisis yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media Lectora Inspire yang digunakan telah sesuai dengan kriteria keefektifan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133075 Habib Muhammad Ala'raf
Date Deposited: 15 Sep 2017 03:46
Last Modified: 15 Sep 2017 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6055

Actions (login required)

View Item View Item