JUPRI, 1880506230019 (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SANTRI (Madrasah Diniyah Salafiyah Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung). [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (686kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul " Strategi Pembelajaran Madrasah Diniyah Salafiyah Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pendidikan Agama Islam Santri (Madrasah Diniyah Salafiyah Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung)" di tulis oleh Jupri, NIM. 1880506230019, Pembimbing satu Prof. Dr. H. Nur Kholis, M.Pd Pembimbing dua Prof. Dr. H. Teguh, M.Ag Kata Kunci:, Strategi Pembelajaran, Madrasah Diniyah Salafiyah, Meningkatkan Pengetahuan Pendidikan Agama Islam Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran di Madrasah Diniyah Salafiyah dalam meningkatkan pengetahuan pendidikan agama Islam santri. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode, pendekatan, dan teknik yang diterapkan oleh pengajar dalam proses belajar mengajar, serta dampaknya terhadap pemahaman dan pengetahuan santri mengenai ajaran agama Islam. Fokus Penelitian adalah (1) Bagaimana Strategi Pembelajaran Ekspositori AL-Qur’an Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pendidikan Agama Islam Santri di MDS Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana Strategi Pembelajaran Heuristik Fiqih Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pendidikan Agama Islam Santri di MDS Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana Strategi Pembelajaran Ekspositori AL- Qur’an Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pendidikan Agama Islam Santri di MDS Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Tesis ini bertujuan (1) Untuk Menganalisis dan Mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Ekspositori AL-Qur’an Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pendidikan Agama Islam Santri di MDS Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk Menganalisis dan Mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Heuristik Fiqih Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pendidikan Agama Islam Santri di MDS Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. (3) Untuk Menganalisis dan Mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Ekspositori AL-Qur’an Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pendidikan Agama Islam Santri di MDS Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimana peneliti bertindak sebagai instrumen atau kunci dengan menggunakan pendekatan study kasus dalam arti penelitian difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam, dengan mengabaikan fenomena-fenomena lainnya. Data yang diperoleh yaitu dari Person (Manusia), Place (tempat), dan Paper (kertas) yang diperoleh dari lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara Mendalam, observasi partisipan, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing/ Verivikasi sebagaimana dikemukakan oleh Miles and Huberman Hasil Penelitian Strategi Pembelajaran Ekspositori AL- Qur’an dalam meningkatkan pengetahuan pendidikan agama islam santri di MDS Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung dapat disimpulkan bahwa (1) Guru mengunakan Metode Bandongan, santri membaca kitabnya, santri melakukan diskusi dan tanya jawab. Strategi Pembelajaran Heuristik Fiqih dalam meningkatkan pengetahuan pendidikan agama islam santri di MDS Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung (2) Guru mengunakan Metode Bandongan yang digunakan oleh guru, pendekatan dengan kontekstual, mempraktekan materi berwudhu. Strategi pembelajaran Reflektif Akhlak dalam meningkatkan pengetahuan pendidikan agama islam santri di MDS Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, (3) Guru mengunakan Metode Bandongan, santri memahami isi kandungan kitab yang sudah ditulis, dan pembelajaran kitab Akhlak memperbaiki tingkah laku santri.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193055 JUPRI |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:01 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |