PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SCRATCH BERBASIS WEBSITE PADA MATERI GERAK LURUS BERATURAN (GLB) KELAS XI DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

ANNISA ASMA` NADYA MUJAHIDAH, 126211202037 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SCRATCH BERBASIS WEBSITE PADA MATERI GERAK LURUS BERATURAN (GLB) KELAS XI DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (544kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Scratch, Website, Gerak Lurus Beraturan (GLB), ADDIE. Media pembelajaran berfungsi sebagai sarana yang memberikan pengalaman visual kepada peserta didik untuk meningkatkan pemahaman konsep. Pada pelajaran fisika banyak konsep, rumus, dan teori, dibutuhkan media yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton. Berdasarkan hasil analisis masalah, wawancara, dan observasi di SMAN 1 Gondang Tulungagung, diketahui bahwa keterbatasan lcd proyektor menyebabkan guru jarang menggunakan media interaktif, sehingga pembelajaran lebih berpusat pada LKS dan berorientasi pada teacher centered. Analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa memerlukan media pembelajaran yang inovatif. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran Scratch berbasis website pada materi Gerak Lurus Beraturan (GLB). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dilakukan dengan dua tahapan penelitian. Pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov, Homogenitas dengan uji Levene’s, uji t dengan independent sample t-test, dan uji efektivitas menggunakan effect size Cohen’s d dengan skala interpretasi kecil, sedang, besar, dan sangat besar. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Proses pengembangan produk terdiri dari pengumpulan data, perancangan, pengembangan, penelitian tahap I, revisi tahap I, penelitian tahap II, dan penyempurnaan produk. (2) Hasil validasi dari dua ahli media menunjukkan kategori sangat valid dengan rata-rata 94,7%, dan dari dua ahli materi dengan rata-rata 88,4%. (3) Uji kepraktisan yang dilakukan pada 36 siswa kelas XII-10 menghasilkan rata-rata 87%, yang menunjukkan kategori sangat praktis. (4) Hasil uji efektivitas produk menggunakan Effect Size Cohen’s d mendapatkan skor 0,berada perbedaan rata-rata pemahaman konsep antara kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan penerapan media pembelajaran interaktif Scratch berbasis website pada materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan kelas control yang tidak mendapatkan perlakuan, berdasarkan hasil uji independent sample t-test. Diperoleh hasil sig.(2-tailed) sebesar 0,019 yang mana 0,019<0,05 yang berarti H_0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah bahwa media pembelajaran Scratch berbasis website untuk materi GLB berhasil dikembangkan melalui tahapan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini layak, menarik, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202037 ANNISA ASMA' NADYA MUJAHIDAH
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:56
Last Modified: 06 Aug 2025 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60559

Actions (login required)

View Item View Item