PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS WEB WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DI KELAS X MAN KOTA BLITAR

FANNY AUDILIA VIA YUANITA, 126204213182 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS WEB WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DI KELAS X MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbasis Web Wordwall Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Di Kelas X Man Kota Blitar ini ditulis oleh Fanny Audilia Via Yuanita, NIM. 126204213182, dengan pembimbing Dr. Muniri,M.Pd. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif, STAD, web wordwall, pemahaman siswa, SPLTV. Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan menjadi kebutuhan penting guna meningkatkan efektivitas pembelajaran. Salah satu inovasi yang digunakan adalah Wordwall, media berbasis web yang dapat digunakan dalam model pembelajaran kooperatif. Kurang optimalnya pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi di lingkungan pendidikan, khususnya di jenjang SMA/MA. Kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran dan dominasi metode konvensional membuat siswa kurang tertarik dan tidak aktif dalam proses belajar. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan interaktif, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi berbasis web seperti Wordwall dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adakah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbasis Web Wordwall Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Di Kelas X Man Kota Blitar (2) Untuk mengukur ke efektif penggunaan model pembelajaran kooperatif berbasis dalam meningkatkan tingkat pemahaman siswa di kelas 10 MAN Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimental Semu (Quasi Experimental) dengan Post-Test Only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah dua kelas 10 yang dipilih secara acak, satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan model pembelajaran kooperatif berbasis web wordwall, dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji diskriptif, uji t-test, dan effect size Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan pendekatan model pembelajaran kooperatif berbasis web wordwall untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa di kelas 10 MAN Kota Blitar dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0.000 yang lebih kecil dari 0.05 (0,000 < 0,05) serta nilai t-tabel untuk df = 60 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05), diperoleh t-tabel = 1,671. Diketahui bahwa t-hitung = -4.486, sehingga dalam perbandingan 1,671 > -4,486. (2) Berdasarkan uji effect size pendekatan model pembelajaran kooperatif berbasis web wordwall untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa di kelas 10 MAN Kota Blitar memiliki tingkat keefektifan sebesar 1,14126.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213182 FANNY AUDILIA VIA YUANITA
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:07
Last Modified: 06 Aug 2025 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60564

Actions (login required)

View Item View Item