GUNAWAR, 126211211013 (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMAN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (493kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Usaha dan Energi Kelas X SMAN 1 Boyolangu” ditulis oleh Gunawar, NIM 126211211013, dosen pembimbing Nani Sunarmi, S.Sc.,M.Si. Kata Kunci: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis,Usaha dan Energi. Rendahnya motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis di SMAN 1 Boyolangu menjadi tantangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Peserta didik masih kesulitan mempertahankan minat belajar, bekerja mandiri, serta berpikir logis dan analitis. Hal ini dipengaruhi oleh model pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga kurang melibatkan peserta didik secara aktif. Oleh karena itu, diperlukan penerapan Problem-Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi, kemandirian, dan keterampilan berpikir kritis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Fisika pada materi usaha dan energi kelas X SMAN 1 Boyolangu. 2) Mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. 3) Mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik secara bersamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental jenis non-equivalent control group design (pretest-posttest control group design). Populasi penelitian ini adalah 471 peserta didik kelas X di SMAN 1 Boyolangu. Sampel dipilih secara purposive sampling, yang terdiri dari kelas eksperimen (kelas X-4, 39 peserta didik ) dan kelas kontrol (kelas X-6, 39 peserta didik). Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Tekinik analisis yang digunakan terdiri : 1) Uji Intrumen (Validitas dan Reliabilitas). 2) Uji Prasyarat (Normalitas dan Homogenitas). 3) Uji Hipotesis (Uji t dan Manova). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar peserta didik, dengan hasil uji T-Test diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dengan hasil uji T-Test diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik secara keseluruhan, dengan hasil uji MANOVA diperoleh nilai sig. 0.000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211211013 GUNAWAR |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:52 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |