HABIBUR ROHMAN, 1890501220031 (2025) STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN PENERIMAAN SANTRI BARU (Studi Multikasus di Pondok Pesantren Bustanul Muta’alimin dan Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar). [ Disertasi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (603kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (696kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (521kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (956kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (608kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
Abstract
Habibur Rohman, 2024, Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Penerimaan Santri Baru (Studi Multikasus di Pondok Pesantren Bustanul Muta’alimin dan Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar), Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Promotor I: Prof. Dr. Ngainun Naim, M.HI Promoter II: Dr.Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Peningkatan Penerimaan Santri. Aktivitas pemasaran jasa pendidikan yang dahulu dianggap tabu karena berbau bisnis dan cenderung berorientasi pada laba, sekarang ini sudah dilakukan secara terbuka. Jasa pendidikan memegang peran penting untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Lembaga pendidikan yang berkualitas merupakan impian seluruh elemen bangsa karena akan melahirkan kader-kader berkualitas yang mampu membawa perubahan besar bagi bangsa. Pemasaran dalam konteks jasa pendidikan adalah sebuah proses sosial dan manajerial untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan melalui penciptaan penawaran, pertukaran produk yang bernilai dengan pihak lain dalam bidang pendidikan. Rumusan masalah pada Penelitian ini adalah:1) Bagaimana strategi produk dalam peningkatan penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Bustanul Muta’alimin dan Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar..? 2) Bagaimana Strategi promosi dalam xvii peningkatan penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Bustanul Muta’alimin dan Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar...? 3) Bagaimana strategi penentuan harga dalam peningkatan penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Bustanul Muta’alimin dan Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar...? Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menemukan Strategi Produk, Strategi promosi dan Strategi penetapan harga pesantren Bustanul Muta’alimin dan Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar dalam peningkatan penerimaan santri baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multikasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui kredibilitas, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan:1) penentuan produk dalam peningkatan penerimaan santri baru di pondok pesantren fokus pada strategi produk dengan pemetaan produk, layanan formal dan informal, life skill dan entrepreneur, praktek kerja lapangan, membangun kultur, ciri khas produk, analisis pesaing produk, kerjasama lintas sektor, berpedoman visi dan misi pesantren. 2) Strategi promosi produk dalam peningkatan penerimaan santri baru ditemukan berbagai variasi promosi (massal, personal, digital) bermedia on-line dan tradisional secara detail sebagai berikut: promosi jaringan struktural NU, promosi getok tular, promosi jejaring alumni, maximilitas IT, promosi baliho raksasa dan promosi figur kiai. 3) Strategi penentuan harga (price) produk ini menemukan beberapa strategi yakni; strategi penetapan harga, strategi harga steering, strategi pemimpin pasar, strategi bertahan produk, strategi toleransi harga, dan strategi subsidi silang.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim |
Depositing User: | 1890501220031 HABIBUR ROHMAN |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:48 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |