PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI HIDROKARBON

FADILATUL UMAMI, 126212212039 (2025) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI HIDROKARBON. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (965kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (576kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada Materi Hidrokarbon” ditulis oleh Fadilatul Umami, NIM. 126212212039, Pembimbing Anis Kholifatur Rosyidah, M.Sc. Kata Kunci: Modul Elektronik, SETS, Hidrokarbon Proses pembelajaran masih menggunakan sumber belajar berupa bentuk cetak yaitu buku paket dan LKS yang membuat peserta didik tidak minat untuk membaca buku kimia, karena kurang menarik dan monoton. Di sisi lain, tidak sedikit guru yang hanya mengikuti isi buku dan kurang mengimplementasikan materi kimia dengan realita kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, modul elektronik berbasis SETS (Science, Environmrnt, Technology, and Society) pada materi hidrokarbon dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang mudah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan modul elektronik berbasis SETS (Science, Environmrnt, Technology, and Society) pada materi hidrokarbon, 2) mengetahui tingkat kelayakan modul elektronik berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi hidrokarbon, 3) mengetahui respon perserta didik terhadap penggunaan modul elektronik berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi hidrokarbon. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D oleh S. Thiagarajan. Pada penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi ahli, dan angket respon peserta didik. Subjek penelitian ini menggunakan 20 peserta didik pada kelas XI kimia farmasi di SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis kualitatif dari hasil wawancara, analisis data kuantitatif dari hasil validasi ahli materi dan ahli media serta angket respon peserta didik dengan cara menghitung persentase rata-ratanya. Hasil penelitian ini menghasilkan produk e-modul berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi hidrokarbon, dengan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 88% dengan kategori sangat valid. Sementara hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Hasil respon peserta didik terhadap peggunaan modul elektronik berbasis SETS pada materi hidrokarbon mendapatkan persentase sebesar 88% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212212039 FADILATUL UMAMI
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:02
Last Modified: 07 Aug 2025 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60604

Actions (login required)

View Item View Item