STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING GURU KELAS ATAS DALAM MEWUJUDKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MIN 5 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD QOYYUM BILHAQ, 126205213208 (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING GURU KELAS ATAS DALAM MEWUJUDKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Guru Kelas Atas Dalam Mewujudkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di MIN 5 Tulungagung”. Ditulis oleh Muhammad Qoyyum Bilhaq, NIM.126205213208, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Stategi Guru, Keterampilan Berpikir Kritis Penelitian ini dilatar belakangi tantangan dalam mewujudkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik di madrasah masih cukup besar. Beberapa peserta didik menunjukkan keterbatasan dalam mengemukakan pendapat, mengevaluasi informasi, atau menyelesaikan permasalahan yang bersifat kompleks. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran Problem Based Learning guru kelas atas dalam mewujudkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di MIN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran Problem Based Learning guru kelas atas dalam mewujudkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di MIN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi strategi pembelajaran Problem Based Learning guru kelas atas dalam mewujudkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di MIN 5 Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) a. guru merencanakan pembelajaran dengan mencari masalah yang dekat dengan kehidupan siswa, b. guru menggunakan sumber belajar yang beragam, guru menyiapkan alat bantu pembelajaran (2) a. Pelaksanaan strategi pembelajaran Problem Based Learning dilakukan pada materi tertentu, b. guru memberikan pertanyaan terbuka, c. guru membentuk kelompok belajar kecil, d. guru memutar sebuah video menggunakan laptop. (3) a. guru meningkatkan pendekatan terhadap siswa yang masih pasif, b. guru menyusun kriteria penilaian berpikir kritis secara lebih terarah, c. memperkuat konektivitas materi dengan pengalaman siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213208 MUHAMMAD QOYYUM BILHAQ
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:52
Last Modified: 07 Aug 2025 04:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60617

Actions (login required)

View Item View Item