MUHAMMAD QOYYUM BILHAQ, 126205213208 (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING GURU KELAS ATAS DALAM MEWUJUDKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (464kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (925kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Guru Kelas Atas Dalam Mewujudkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di MIN 5 Tulungagung”. Ditulis oleh Muhammad Qoyyum Bilhaq, NIM.126205213208, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Stategi Guru, Keterampilan Berpikir Kritis Penelitian ini dilatar belakangi tantangan dalam mewujudkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik di madrasah masih cukup besar. Beberapa peserta didik menunjukkan keterbatasan dalam mengemukakan pendapat, mengevaluasi informasi, atau menyelesaikan permasalahan yang bersifat kompleks. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran Problem Based Learning guru kelas atas dalam mewujudkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di MIN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran Problem Based Learning guru kelas atas dalam mewujudkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di MIN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi strategi pembelajaran Problem Based Learning guru kelas atas dalam mewujudkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di MIN 5 Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) a. guru merencanakan pembelajaran dengan mencari masalah yang dekat dengan kehidupan siswa, b. guru menggunakan sumber belajar yang beragam, guru menyiapkan alat bantu pembelajaran (2) a. Pelaksanaan strategi pembelajaran Problem Based Learning dilakukan pada materi tertentu, b. guru memberikan pertanyaan terbuka, c. guru membentuk kelompok belajar kecil, d. guru memutar sebuah video menggunakan laptop. (3) a. guru meningkatkan pendekatan terhadap siswa yang masih pasif, b. guru menyusun kriteria penilaian berpikir kritis secara lebih terarah, c. memperkuat konektivitas materi dengan pengalaman siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205213208 MUHAMMAD QOYYUM BILHAQ |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:52 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |