STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN KESIAPAN SISWA MENGHADAPI SELEKSI PERGURUAN TINGGI DI SMAN 1 DURENAN

LINDA SETIYANI, 126207212068 (2025) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN KESIAPAN SISWA MENGHADAPI SELEKSI PERGURUAN TINGGI DI SMAN 1 DURENAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (729kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Sekolah dalam Mengoptimalkan Kesiapan Siswa Menghadapi Seleksi Perguruan Tinggi di SMAN 1 Durenan” ini ditulis Linda Setiyani dengan NIM 126207212068, program studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan pembimbing Dr. Siti Khoirun Nisak, S. Pd.I., M.Pd. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Kesiapan Siswa, Seleksi Perguruan Tinggi Penelitian ini dilatar belakangi pendidikan tinggi untuk menuntut ilmu setelah pendidikan menengah (SMA/sederajat). Seleksi perguruan tinggi (baik negeri maupun swasta) untuk memilih calon mahasiswa yang memiliki kualifikasi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perguruan tinggi. Namun tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan dalam menghadapi seleksi perguruan tinggi. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti beban belajar yang tinggi, pilihan jurusan yang beragam, dan persaingan yang ketat. SMAN 1 Durenan merupakan salah satu SMA terbaik di Trenggalek berdasarkan nilai UTBK yang beroperasi sesuai dengan SK yang dikeluarkan pemerintah pada 12 september 1983. Dengan akreditasi A SMAN 1 Durenan sebagai salah satu pilihan favorit oleh warga trenggalek yang memiliki komitmen untuk mencetak lulusan yang berkualitas. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi alternatif kepala sekolah dalam mengoptimalkan kesiapan siswa menghadapi seleksi perguruan tinggi di SMAN 1 Durenan ? 2) Bagaimana kepala sekolah menyiapkan mental siswa dalam menghadapi seleksi perguruan tinggi di SMAN 1 Durenan ? 3) Bagaimana kepala sekolah mempolakan lingkungan belajar dalam mengoptimalkan kesiapan siswa menghadapi seleksi perguruan tinggi di SMAN 1 Durenan ? Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Memperoleh informasi dan mendeskripsikan mengenai strategi alternatif kepala sekolah dalam mengoptimalkan kesiapan siswa menghadapi seleksi perguruan tinggi di SMAN 1 Durenan. 2) Memperoleh informasi dan mmendeskripsikan mengenai kepala sekolah menyiapkan mental siswa dalam menghadapi seleksi perguruan tinggi di SMAN 1 Durenan. 3) Memperoleh informasi dan mendeskripsikan mengenai kepala sekolah mempolakan lingkungan belajar dalam mengoptimalkan kesiapan siswa menghadapi seleksi perguruan tinggi di SMAN 1 Durenan. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif /case study. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru BK, dan perwakilah siswa. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan & verifikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi peer reviewing, triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Strategi yang dilakukan oleh kepala SMAN 1 Durenan dalam mengoptimalkan kesiapan siswa menghadapi seleksi perguruan tinggi dengan diselenggarakan tes diagnostik oleh lembaga psikologi Bina Asih Jogjakarta mulai sejak siswa kelas X ketika akan naik kelas XI untuk menentukan kemampuan dan minat siswa, jurusan yang akan mereka ambil nanti saat kuliah, selain memotivasi siswa untuk mendapatkan prestasi-prestasi lain. Penetapan standar penilaian yang disusun dan disepakati oleh guru mata pelajaran, perangkingan paralel dengan pendaftaran siswa eligible. Mendatangkan alumni PTN yang telah sukses untuk memberikan motivasi prestasi akademik dan non akademik, serta bekerjasama / MOU dengan PTN terkait sekolah lanjutan. 2) Kepala sekolah menyusun program tim sekolah ramah anak yang komperehensif untuk mengcounter siswa menghindari stres supaya mentalnya sehat. Adanya kelas klasikal (guru BK ada jamnya untuk masuk kelas) sebagai upaya mengoptimalkan kesiapan siswa menghadapi seleksi perguruan tinggi, guru BK wellcome ke siswa jika mau konsultasi. Saling bekerjasama antara pihak sekolah dan orang tua untuk memotivasi siswa dirumah ataupun di sekolah untuk bagaimana siswa tangguh kuat mentalnya menghadapi seleksi perguruan tinggi. 3) kepala sekolah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung kesehatan mental siswa dengan menerapkan pembiasaan budaya positif. Mendatangkan berbagai bimbel, try out dari bimbel, dijalur tes ada bimbel yang bekerjasama untuk siswa menyiapkan UTBK. Bekerjasama dengan bimbel Ganesha Operation untuk pemilik juara di perguruan tinggi berdasarkan prestasi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207212068 LINDA SETIYANI
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:41
Last Modified: 07 Aug 2025 04:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60641

Actions (login required)

View Item View Item